Kebijakan Moneter BI Diklaim Efektif

346

tobasatu | Kebijakan moneter yang selama ini dilakukan Bank Indonesia (BI) untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah diklaim sudah efektif.

“Itu sudah efektif. Di pasar uang itu sudah ada yang positif terhadap bunga, terhadap likuiditas, sudah sesuai dengan tujuan kita untuk memperkuat operasi moneter,” ujar Direktur Eksekutif Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia (BI) Juda Agung di Kantor BI, Jakarta, Jumat (11/9/2015).

Dalam beberapa bulan terakhir, nilai tukar rupiah kian melemah terhadap dollar AS.
Dalam beberapa kesempatan, BI selalu mengatakan pelemahan rupiah itu disebabkan faktor eksternal yaitu ketidakpastian kenaikan suku bunga Amerika Serikat (AS) dan perkembangan perekonomian Tiongkok yang sedang mengalami pelemahan.

BI juga menyatakan akan selalu ada di pasar uang untuk melakukan intervensi terhadap rupiah. Intervensi di pasar uang itu memiliki konsekuensi logis yaitu keluarnya gelontoran miliaran dollar dari cadangan devisa (cadev) Indonesia.

Berdasarkan data BI akhir Agustus 2015, vadangan devisa Indonesia sebesar 105,34 miliar dollar AS atau turun sebesar 2,21 miliar dollar AS. (ts-04)

Loading...
loading...