Parlindungan Purba : Pembenahan Perekonomian Harus dari Daerah

514
Parlindungan Purba (ist)

tobasatu.com, Jakarta |Pembenahan struktur perekonomian harus dimulai dari daerah. Sebab, perlambatan ekonomi belakangan ini telah memberikan dampak yang cukup telak terhadap harga-harga komoditas di beberapa daerah.

“Jadi kita pikir kalau daerah maju maka NKRI maju, dari seluruh daerah di Indonesia, berkaitan dengan ekonomi sekarang,” kata Ketua Komite 2 DPD RI Parlindungan Purba, di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Minggu (13/9/2015).

Parlindungan melanjutkan, harga-harga komoditas yang menurun juga tidak diikuti dengan daya beli masyarakat yang terus menurun. Belum lagi, di daerah juga akan dihadapkan dengan pemilihan kepala daerah (Pilkada) juga memberikan dampak cukup signifikan kepada daya beli masyarakat.

“Ini sangat mempengaruhi di daerah, masalah yang dihadapi di pelosok, kala ditanya dengan kepala daerah, mereka tidak happy dengan sistem sekarang,” tambahnya.

Tidak hanya itu, sambung Parlindungan, UMKM di daerah juga saat ini berbeda dengan kondisi pada krisis di 1998, yang mana UMKM menjadi penopang kebangkitan perekonomian nasional pada saat krisis.

“UMKM kalau di daerah terjadi kelambatan, tidak seperti dulu, contoh nelayan, sulitnya memutarkan uang, kita memahami 30-40 persen uang yang beredar di daerah,” tandasnya. (ts-04)

BACA JUGA  Menilik Peran Bank Sumut dalam Pertumbuhan UMKM di Sumatera Utara
Loading...
loading...