Harga Daging Sapi Potong Tetap Tinggi, Sembako Stabil

320
Ilustrasi harga sembako (ist)

tobasatu.com, Medan | Menjelang Hari Raya Idul Adha, harga sejumlah kebutuhan pokok di Kota Medan, Sumatera Utara, relatif stabil. Namun harga daging sapi potog tetap tinggi, meski masyarakat bakal kebanjiran daging kurban.

Pantauan tobasatu.com, Senin (21/9/2015), harga daging sapi di Pusat Pasar Medan mencapai Rp100 ribu per kg. Menurut Agustian, salah seorang pedagang, harga daging sapi tetap bertahan di kisaran Rp90 ribu – Rp95 ribu per kg menjadi Rp100 ribu bahkan mencapai Rp110 ribu sejak Hari Raya Idul Fitri kemarin. Harga tersebut terus bertahan hingga menjelang Idul Adha.

Meski tinggi namun pedagang menilai harga tersebut sudah turun dibandingkan sepuluh hari terakhir. “Harga daging sudah turun jadi Rp100 ribu per kg karena harga ambilan dari perusahaan juga turun,” kata Agustian, salah seorang pedagang daging sapi potong.

Selain itu, penurunan juga dikarenakan permintaan dari masyarakat turun. Jelang Idul Adha membuat pembeli enggan membeli daging sapi.

“Daya beli sepi kalau mau Idul Adha seperti ini. Kebanyakan orang-orang kan menunggu daging hasil kurban untuk diolah jadi makanan saat lebaran,” pungkasnya.

Sementara harga kebutuhan pokok lainnya relatif stabil bahkan cenderung turun, kecuali harga cabai rawit yang tetap ‘pedas’ Rp30 ribu per kg.

Berdasarkan pantauan  di Pusat Pasar Medan, harga berbagai bahan kebutuhan pokok relatif rendah seperti cabai merah dijual dengan harga Rp17.000 per kg. Kemudian cabai hijau dijual sebesar Rp15 ribu per kg. Begitu juga dengan bawang merah dijual sebesar Rp17.000 per kg sedangkan bawang putih dijual dengan harga Rp16.000 per kg. Sementara tomat, pada umumnya pedagang menjual dengan harga rata-rata Rp8000 per kg.

Dari semua bahan kebutuhan pokok itu, hanya cabai rawit yang bertahan tinggi yakni Rp30 ribu per kg. Bahkan pada Agustus 2015, komoditas satu ini menjadi penyumbang inflasi tertinggi pada kelompok bahan makanan.

BACA JUGA  BKM Baiturrahman Johor Indah I Sembelih 22 Ekor Lembu dan 57 Kambing

Salah seorang pedagang di Pusat Pasar Medan, R Ritonga mengatakan hingga sekarang tidak ada gejolak harga bahan kebutuhan pokok yang terjadi di pasar.

“Harga sekarang jauh lebih rendah dibandingkan jelang Idul Fitri. Kalaupun ada yang tinggi cuma cabai rawit tapi harga itu pun sudah terjadi sejak bulan lalu,” katanya.

Menurutnya, kemungkinan besar harga akan tetap seperti sekarang ini hingga usai Idul Adha. (mnl)

 

Loading...
loading...