Paket Jilid III Akan Sangat Dirasakan Pelaku Industri

248

tobasatu, Medan | Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan paket jilid III. Paket penurunan harga energi yang akan memiliki respon instan bagi pelaku pasar.

Diungkapkan Pengamat Ekonomi Gunawan Benjamin, paket tersebut akan sangat dirasakan oleh pelaku industri maupun masyarakat dalam jangka pendek. Sementara itu isi paket lainnya seperti perluasan penerimaan fasilitas kredit usaha rakyat (KUR) serta penyederhanaan izin pertanahan untuk penanaman modal baru akan terasa nanti disaat pemerintah benar-benar mengeksekusinya.

“Namun secara menyeluruh, semua kebijakan tersebut akan memberikan dampak positif terhadap kondisi industri kita di masa yang akan datang. Hanya saja pemerintah belum menurunkan harga BBM yang dikonsumsi masyarakat kebanyakan. Masih terkosentrasi pada penyelamatan industri kita,” katanya.

Dengan penurunan tarif energi tersebut, lanjut Gunawan, maka inflasi akan terus melunak hingga akhir tahun ini. Dan diharapkan mampu memperbaiki sekaligus menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi kita. “Di tengah perlambatan kondisi perekonomian global saat ini, saya menilai kebijakan yang dikeluarkan dalam paket jilid III tersebut tepat agar kita menjauh dari pusaran krisis,” tambahnya.

Selain itu, pemerintah juga menyatakan masih ada paket jilid IV yang akan diterbitkan nantinya. Gunawan melihat pemerintah sengaja mengulur waktu dengan mempertimbangkan potensi tekanan krisis yang terjadi di masa yang akan datang. “Saya menilai strategi ini cukup tepat. Dengan penguatan Rupiah seperti saat ini, sebenarnya ruang untuk menurunkan harga BBM semakin terbuka,” jelasnya.

Namun ketidakpastian kondisi perekonomian global seperti masih terbukanya rencana The FED untuk menaikkan suku bunga acuannya dan potensi perlambatan perekonomian Tiongkok masih cukup terbuka. Tentunya faktor-faktor tersebut yang menjadi salah satu masalah yang bisa saja berbalik menekan kinerja mata uang Rupiah.

“Sehingga kebijakan lanjutan untuk memperbaiki perekonomian nasional antara lain menyeimbangkan tekanan dari sisi eksternal dan mengimbanginya dengan paket stimulus menjadi salah satu cara yang tepat. Yang penting kebijakan tersebut memilki momentum yang pas yang pada akhirnya mampu meminimalisir tekanan yang terjadi dan diharapkan mampu membuat kita keluar dari tekanan krisis ekonomi global,” pungkas Gunawan. (ts-04)

Loading...
loading...