Diguyur Hujan Lebat, Kabut Asap di Medan Sempat Mereda

390
Kondisi kabut asap terlihat dari Gedung Bank Sumut di Jalan Imam Bonjol Medan, Jumat (09/10/2015). (tobasatu.com/T Bobby Lesmana)

tobasatu.com, Medan | Hujan lebat yang mengguyur Kota Medan, Jumat (09/10/2015) siang, membuat kabut asap yang semula pekat sedikit mereda.

Pantauan tobasatu.com, sekitar pukul 13.00 WIB tadi siang, asap tebal kiriman dari provinsi tetangga Riau, Jambi dan Sumatera Selatan, masih menyelimuti Kota Medan. Jalanan terlihat agar berkabut karena tertutupi asap.

Namun begitu hujan deras mengguyur Kota Medan sekitar pukul 14.30 WIB, sedikit membuat cuaca yang sudah beberapa pekan berkabut, terlihat sedikit cerah. Namun kondisi ini diprediksi tak bertahan lama, karena kabut asap kiriman akan segera menyelimuti Kota Medan.

“Alhamdulillah diguyur hujan lebat Kota Medan agak cerah sedikit. Mudah-mudahan kabut segera menghilang,” tutur Lili, warga Simpang Limun, kepada tobasatu.com.

Kabut asap memang sudah sangat mengkhawatirkan karena mengancam kesehatan warga, terutama mengakibatkan penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA).

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan sebelumnya menyatakan kualitas udara di Kota Medan sudah dalam kategori gawat, dan kondisi ini sudah berjalan selama 1,5 bulan.

“Kualitas udara tidak sehat di Kota Medan dan sekitarnya sudah berjalan 1,5 bulan. Kondisi ini juga bagi BMKG sudah kategori gawat,” kata Kabid Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Sunardi di Medan, ketika dikonfirmasi pada hari Rabu lalu. (ts-09)

BACA JUGA  Kabut Asap Selimuti Rantauprapat, Warga Mulai Khawatir Terserang ISPA
Loading...
loading...