Siswa SD di Medan Peringati Hari Cuci Tangan Sedunia

321

tobasatu.com, Medan | Hari ini, Kamis (15/10/2015) diperingati sebagai Hari Cuci Tangan Sedunia. Sejumlah Sekolah Dasar (SD) di Medan pun memperingatinya dengan mempraktikkan cara mencuci tangan yang baik, diantaranya siswa SD Negeri di Asam Kumbang, Kota Medan.

Data dari Badan Kesehatan Dunia WHO, saat ini lebih dari satu juta anak di bawah usia lima tahun meninggal karena penyakit diare dan pneumonia, yang menjadi dua pembunuh terbesar bagi balita di seluruh dunia. Mencuci tangan tidak hanya sederhana dan murah tetapi mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir dapat mengurangi jumlah anak-anak yang sakit.

Mencuci tangan dengan sabun dapat mencegah 1 dari 3 penyebab penyakit diare dan 1 dari 6 penyebab infeksi pernapasan seperti Tuberkolosis dan Pneumonia.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan taraf kesehatan bagi masyarakat terutama balita di negeri ini. Kampanye kesehatan seperti cuci tangan pakai sabun dan air mengalir juga telah dilakukan berbagai elemen, baik dari pemerintah, swasta maupun kelompok masyarakat. Memang tidak secepat membalik telapak tangan untuk merubah kebiasaan masyarakat menjadi yang lebih baik. (ts-09)

BACA JUGA  Ribuan Murid SD di Medan Selayang Ramaikan Hari Cuci Tangan Sedunia
Loading...
loading...