Anggota DPRD Medan Minta Urusan Sakit Jadi Prioritas

322

tobasatu.com, Medan | Keluhan warga soal sulitnya mengurus kartu BPJS disahuti anggota DPRD Medan. Anggota Komisi B Mulia Asri Rambe mendatangi kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan divisi regional I kantor cabang utama Medan, Jalan Karya, Kelurahan Karang Berombak, Medan Barat, Senin (19/10/2015).

Diceritakan politisi yang akrab disapa Bayek ini, dia datang karena warga bernama Zeni Riata dan Izah yang tinggal di Jalan Pancing I, Lingkungan VII, Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan mengeluh padanya. Dua warga tersebut mengaku dipersulit mengurus BPJS. Sementara pihak Rumah Sakit Delima Belawan mengultimatum harus dapat menunjukkan kartu BPJS. Jika tidak, kurun waktu 3 x 24 maka biaya rumah sakit akibat keracunan harus dibayar sendiri. Bayek berinisiatif datang

“Kunjungan kita untuk menyahuti aspirasi warga terkait sulitnya pengurusan kartu BPJS. Saat kita reses banyak keluhan warga Medan karena dibebankan berbagai persyaratan mendapat kartu BPJS. Ini kan masalah sakit, seharusnya bukan dipersulit tapi harus dibantu,” tegas politisi Golkar ini.

Temuan lain Bayek saat kunjungan itu, pihak sekuriti yang tidak memberikan informasi yang akurat kepada setiap warga yang datang.

Selain itu juga petugas BPJS yang bersikap arogan dan acuh saat melayani warga. Bahkan, Bayek menyesalkan sikap Kepala BPJS Medan Hj Mariamah yang tidak komunikatif. “Seharusnya mulai dari tingkat pimpinan sampai staf harus komunikasi kepada siapa saja dalam rangka peningkatan pelayanan. Jika komunikatif saja tak perlu kita turun,” ujar Bayek.

Bayek mengatakan, untuk menangani masyarakat miskin apalagi sakit harus menggunakan kebijakan dan perasaan. Petugas BPJS diharapkan dapat melihat situasi.

“Jika seseorang sudah masuk rumah sakit, tentu harus memberikan pelayanan atau urusan prioritas mendapat kartu BPJS. Jika tidak, bisa fatal karena menyangkut nyawa, sebab pihak rumah sakit sudah menentukan tenggang waktu,” ungkapnya.

Untuk itu kata Bayek, kiranya pihak BPJS diminta agar melakukan sosialisasi terus menerus kepada warga di setiap lingkungan terkait persyaratan urusan BPJS. Pihak BPJS juga diharapkan agar membuka kantor cabang di beberapa titik kota Medan. Sehingga masyarakat Medan terbantu sehingga tidak berdesak desakan di kantor BPJS Jl Karya Medan.

Di hadapan petugas pihak BPJS bagian urusan rumah tangga Pasaribu dan staf lainnya, Mulia Asri Rambe asal dapil V ini berpesan agar menggunakan hati nurani melayani masyarakat yang mengurus kartu kesehatan.

“Kita berharap pelayanan BPJS terus ditingkatkan karena urusan berobat dan bukan mencari kaya,” cetus Bayek. (ts-04)

 

Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here