Selamat Ya, RSUP Adam Malik Lulus  Akreditas Tingkat Paripurna

942
RSUP Adam Malik Medan (tobasatu.com)

 tobasatu.com, Medan | Masyarakat Medan boleh berbangga hati sebab Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik Medan menjadi rumah sakit pertama di kota Medan yang lulus dalam survei akreditasi tingkat paripurna oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Seperti yang dikatakan oleh Ketua Tim Akreditasi RSUP H Adam Malik Medan, Mardianto menuturkan pemberitahuan hasil akreditasi tiba di rumah sakit pada Senin (20/10/2015) sore.

Surat yang ditujukan kepada Direktur Utama RSUP H Adam Malik Medan tertanggal 25 September 2015 ini, lanjutnya, menjelaskan bahwa rumah sakit yang berada di Jalan Bunga Lau Medan Tuntungan ini, berhasil lulus tingkat paripurna yang berlaku sejak tanggal 23 Juni 2015 hingga Juni 2018.

“Jadi masa akreditasi selama tiga tahun, dan akan ditinjau lagi tiga tahun kemudian. Semua rumah sakit yang mendapatkan akreditasi seperti itu,” katanya Rabu (21/10/2015).

Rencananya, manajemen rumah sakit akan melakukan tindak lanjut dengan melaporkan ke Kementerian Kesehatan dalam waktu dekat.  Atas pencapaian ini, tim akreditasi pun akan semakin semangat meningkatkan pelayanan atau service excellence kepada pasien. Sehingga bisa meraih akreditasi dari JCI (Joint Commission International).

Agar  dapat meraih akreditasi JCI, rumah sakit masih harus menyempurnakan nilai. Lantaran, berbeda dengan akreditasi KARS yang minimal nilai 80%, untuk mendapatkan akreditasi JCI, pencapaian nilai yang harus dipenuhi adalah 90%. Selain itu, rumah sakit juga harus memiliki akademy medical center dan memiliki layanan transplantasi organ.

“Untuk dapat meraih akreditasi JCI ini tidaklah mudah, manajemen harus mengubah budaya. Tapi sedikit demi sedikit telah dilakukan,” tukasnya.

Terkait layanan transplantasi, ucap dia, September lalu, tim dokter rumah sakit dibantu oleh tim dokter dari Korea telah melakukan operasi transplantasi hati dan berjalan sukses. Dan rencananya, akhir tahun ini akan dilakukan transplantasi ginjal. “Pasien transplantasi hati, hari ini (Selasa), sekitar jam 14.00 Wib, sudah kita perbolehkan pulang. Mudah-mudahan kondisinya terus membaik, an kesehatan pasien terus kita pantau,” terangnya.

BACA JUGA  RS Adam Malik Tampung 25 Korban Tewas Pesawat Hercules

Sementara menurut Ketua Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) Sumatera Utara, Azwan Hakmi Lubis menyatakan bangga lantaran RSUP H Adam Malik Medan mampu meraih akreditasi ini. Persi, katanya, berharap agar rumah sakit-rumah sakit lain di Sumut segera menyusul, karena sudah ada yang memulai.

“Target kita sebenarnya ada 10 rumah sakit di Sumut yang terakreditasi hingga akhir tahun 2015. Kita lihat beberapa rumah sakit tersebut sudah siap, diantaranya RS Elisabeth, RS Murni Teguh juga RS Pirngadi Medan,” jelasnya.

Kepada setiap rumah sakit, Azwan berharap tidak takut untuk maju dalam meraih akreditasi ini. Sehingga dapat membuktikan pelayanan yang diberikan memang sudah prima. (ts-mnl)

 

Loading...
loading...