Pengacara Harus Jadi Pelindung Hak Hukum di Masyarakat

669
Ketua dan panitia pelasana pelantikan IPHI Sumut. (tobasatu.com)

tobasatu.com, Medan | Sejatinya, Pengacara atau Advokat harus menjadi pelindung hokum di Masyarakat. Advokat merupakan lembaga bantuan hokum diharapkan mampu memberikan perlindungan bagi pencari keadilan.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum Ikatan Penasehat Hukum Indonesia (IPHI), H Indra Sahnun Lubis SH, pada pengukuhan Pengurus IPHI Sumut, Jumat kemarin. “Jadilah sebagai pengacara yang dapat menjadi pelindung pada masyarakat terbawah,” kata Sahnun dalam sambutannya.

Dijelaskannya lebih lanjut, IPHI merupakan merupakan organisasi para penasehat hukum tertua dan senior. Peradi dan KAI adalah merupakan anak sulung dari IPHI. “IPHI adalah merupakan organisasi advokat yang tertua dan senior di Republik Indonesia. Munculnya Peradi dan KAI merupakan anaknya dari IPHI. Diharapkan Keberadaan IPHI di Sumatera Utara mampu memberikan pencerahan hukum dan perlindungan hukum bagi masyarakat. Janganlah profesi Advokat hanya digunakan untuk membantu orang-orang yang mampu saja,” ucapnya.

Dalam rangkaian itu, sekretaris Umum H Abdul Rahim Hasibuan SH MH, langsung  membacakan surat keputusan (SK) dari DPP IPHI tentang pelantikan dan pengukuhan para pengurus DPD IPHI Sumut periode 2015-2020.

M Sa’I Rangkuti SH MH yang dikukuhkan menjadi Ketua DPD IPHI, dan sekretarisnya Ubat Riadi Pasaribu SH serta bendaharanya, Roni Chandra Koto SH. Dengan thema, officium nobile menuju Advokad yang bermartabat, Mandiri dan bertanggung jawab, pelantikan berjalan dengan penuh hikmat.

Sahnun mengharapkan agar DPD IPHI Sumut, dibawah Ketua yang baru terpilih, M.Sa’i Rangkuti SH MH dan Sekretaris, Ubat Riadi Pasaribu SH serta bendaharanya, Roni Chandara Koto SH dan para pengurus baru 2015-2020 lainnya dapat memberikan pembelaan kepada masyarakat yang sedang mencari keadilan hukum.

“Keberadaan DPD IPHI Sumut saat ini diharapkan mampu untuk saling bekerjasama dan saling menjaga hubungan baik kepada Hakim, Jaksa dan Polisi. Karena keberadaan pengacara saat ini adalah sama-sama untuk memberikan perlindungan hukum bagi masyarakat yang lemah,” ungkapnya.

BACA JUGA  10 Ribu Peserta Berpakaian Ihram Pecahkan Rekor MURI

“Advokat selaku penegak hukum yang bebas dan mandiri serta dilindungi oleh Undang-Undang dan setara dengan penegak hukum lainnya seperti Jaksa, Hakim dan Polisi yang sesuai dengan UU No.18 Tahun 2003 Pasal 5 ayat 1,” tambah Sahnun.

Sementara itu, Ketua DPD IPHI Sumut terpilih, M Sa’I Rangkuti SH MH didampingi seketaris,Ubat Riadi Pasaribu SH serta bendahara, Roni Chandara Koto SH mengatakan, akan membawa IPHI menjadi sebuah wadah bagi seluruh penasehat hukum yang ada di Sumut agar lebih profesional, penuh kekeluargaan, kompak dan terutama mampu memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat Medan Khususnya Sumatera Utara.

Sementara itu Plt gubernur Sumatera Utara, Ir H Tengku Erry Nuradi MSi diwakili  Fery Nainggolan Staf Gubenur Bidang Pemerintahan yang hadir pada acara itu dalam kata sambutannya mengatakan, pelantikan IPHI ini tentunya tidak sekedar hanya berfokus dalam persoalan suksesi kepengurusan saja, melainkan lebih menitikberatkan kepada penyusunan program yang inovatif, responsif dan Reliabel sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan yang didasarkan pada pencapaian visi dan misi organisasi, terutama yang menyentuh kepentingan umat, bangsa dan negara. (ts-11)

Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here