Makian Terhadap Jokowi di Medsos Turun Drastis

324
Setelah surat edaran Kapolri, makian terhadap Jokowi menurun drastis. (tobasatu.com/ist)

tobasatu.com | Pemilihan Presiden tahun 2014 menyisakan cerita lain dalam kehidupan rakyat Indonesia. Seolah tak terima Jokowi memimpin negeri ini, pria asal Solo itu pun kerap mendapat caci maki di jejaring media sosial.

Pengguna internet yang kerap disebut Netizen selalu membuat komentar sinis bahkan cenderung kasar untuk menggkritik Presiden ke-7 RI tersebut.

Namun penelitian yang dilakukan Indonesia Indicator mencatat, sejak keluarnya Surat Edaran Kapolri Nomor SE/06/X/2015 tertanggal 8 Oktober 2015 tentang Penanganan Ujaran Kebencian atau Hate Speech, jumlah makian terhadap Jokowi turun drastis di twitter.

Sebagaimana dilansir bbc, Rabu (11/11/2015), penghinaan terkait Jokowi biasanya mencapai 6.540 per bulan. Namun setelah surat edaran keluar, kicauan dengan kata-kata kasar seperti bangsat, kafir, t**k, bodoh, dan goblok terkait Jokowi rata-ratanya menurun hingga 3.114 per bulan atau berkurang sekitar 53%.

Menurut Tika Herlambang, Direktur Komunikasi Indonesia Indicator, ini tidak berarti bahwa pengguna Twitter “ciut” dengan adanya surat tersebut. Makian terhadap presiden masih bisa ditemui di berbagai linimasa namun dengan kata-kata yang lebih halus seperti “Jokowi kampret” dan “Jokowi hilang akal”.

Surat Edaran tentang Penanganan Ujaran Kebencian yang diteken pada 8 Oktober 2015 oleh Kapolri Badrodin Haiti ditujukan untuk internal kepolisian agar aktif memantau konten-konten di media sosial, namun secara spesifik tidak ditujukan untuk konten yang berisi penghinaan presiden.

Sejumlah aktivis khawatir surat ini bisa mematikan kritik terhadap pemerintah karena surat edaran itu memasukan unsur pencemaran nama baik yang dianggap berpotensi menghambat kebebasan berpendapat.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Luhut Panjaitan kepada media sempat mengingatkan masyarakat untuk tidak membuat meme yang melecehkan presiden. (ts)

 

BACA JUGA  Harta Kekayaan Bang Yos Capai 23 Miliar Lebih
Loading...
loading...