Sumut Belum Butuh Beras Impor

415
Ilustrasi beras impor (tobasatu.com/ist)

tobasatu.com, Medan | Badan Urusan Logistik (Bulog) Sumatera Utara menyatakan saat ini Sumut belum perlu mengimpor beras. Sebab stok beras untuk daerah ini masih mencukupi, berkisar 30 ribu ton.

“Kalau beras impor dari Vietnam itu, sebenarnya saya belum tahu informasinya. Tapi, sejauh ini kalau untuk daerah Sumut tidak perlulah beras impor. Karena memang pasokan kita masih cukup,” katanya Kamis (12/11/2015).

Menurutnya, kalaupun pemerintah melakukan impor beras, maka itu akan ditujukan kepada daerah-daerah yang kekurangan produksi, karena disebabkan kekeringan pada bulan lalu.

“Kalau ada impor, itu untuk daerah yang kena el nino saja. Kita kan tidak kena. Produksi kita masih bagus, kan meningkat juga. Ditambah lagi dengan pasokan yang mau masuk dari Jawa Timur,” katanya.

Rudi menjelaskan, saat ini stok beras yang dimiliki Sumut sebesar 30 ribu ton. Stok beras ini diprediksi akan mencukupi kebutuhan masyarakat Sumut selama dua bulan lebih.

Untuk mengisi kekurangan pasokan pangan nasional akibat panen yang tidak memenuhi target, pemerintah telah mengimpor beras dari Vietnam. Beras impor itu telah tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, pada Rabu (11/11/2015) kemarin.

Impor beras tersebut menuai kontroversi, terkait janji kampanye Pilpres 2014 pasangan Jokowi-JK yang berjanji tidak akan mengimpor beras lagi.

Saat ini Indonesia membutuhkan beras setidaknya 2,5 sampai 3 juta ton per tahun, sementara hasil produksi beras baru mencapai angka 2 juta ton. (ts-13)

Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here