Tentara ISIS Dalangi Teror di Paris

798
Teror bom dan penembakan yang terjadi di Paris, Prancis, didalangi oleh tentara ISIS. (tobasatu.com/ist)

tobasatu.com, Paris | Tentara ISIS mengaku bertanggungjawab atas insiden penembakan dan pemboman yang terjadi di Paris, Prancis, Jumat (13/11/2015) malam atau Sabtu dinihari WIB.

Dalam pernyataan resmi yang dirilis di Prancis, ISIS menyebut tentaranya telah menargetkan Paris sebagai sasaran keji. ISIS juga membenarkan serangannya di beberapa titik yang dipilih secara hati-hati.

“Delapan orang bersaudara membawa rompi peledak dan senjata ke area yang ditargetkan di Ibu Kota Prancis,” ujar ISIS dalam pernyataan resminya yang dilansir The Guardian, Sabtu (14/11/2015).

Seperti yang dilansir AFP, ISIS meneriakkan “Berkati serangan di… pasukan salib Prancis”. Selain menerbitkan pernyataan resminya di Prancis, ISIS juga menerbitkannya di negara Arab.

ISIS telah memilih tempat yang dijadikan sasaran teror secara hati-hati, misalnya Stadion Stade de France dan gedung Konser Bataclan.

“Dipilih dengan sangat hati-hati,” tertulis dalam pernyataan ISIS yang dikutip AFP.

Selain meledakkan Stadion Stade de France yang tengah menggelar pertandingan melawan Jerman, yang dihadiri Presiden Prancis Francois Hollande, teroris juga melakukan penyerangan dengan menembaki penonton yang akan menyaksikan konser di  gedung konser Bataclan. Saat itu terdapat ratusan orang sedang menyaksikan konser band Eagles of Death Metal.

ISIS menyebut negara Prancis bersalah atas serangannya yang menggunakan pesawat tempur ke wilayah yang dikuasai ISIS. (ts)

BACA JUGA  Penembakan di Swiss, Lima Orang Tewas