Pasar Saham Dunia Ikut Terguncang Bom Paris

376

tobasatu | Ledakan bom di Paris, Perancis menimbulkan sentimen negatif pada bursa saham Asia. Ini dilihat karena banyaknya aksi jual, Senin (16/11/2015. Para analis memperkirakan aksi pengeboman ini cenderung memiliki efek singkat namun tajam pada pasar ekuitas.

“Peristiwa di Paris cenderung memiliki efek tajam di pasar, tetapi dalam jangka panjang efek nyata dari risiko politik lebih mempengaruhi pasar itu sendiri,” ujar seorang strategi pasar dari IG, Evan Lucas seperti dilansir dari laman CNBC.

Sekadar informasi, indeks Nikkei turun 205 poin atau 1 persen menjadi 19.408, indeks Hang Seng anjlok 362 poin atau 1,62 persen menjadi 22.033 dan indeks Straits Times turun 0,9 persen menjadi 2.898.

Sementara itu, saham berjangka AS juga mengalami kemunduran, dengan futures Dow turun 150 poin dan S&P futures turun 0,76 persen pada awal perdagangan Asia. Pasar saham Eropa juga tidak luput tengah tragedi terbaru, Indeks FTSE London diperkirakan turun 1,8 persen, indeks DAX Jerman turun 2 persen dan CAC Prancis kehilangan 3,7 persen.

“Serangan bisa memiliki dampak yang signifikan seperti yang kita di pasar, dengan aksi jual cepat setelah serangan terjadi, sehingga akan ada penurunan sekira 100 poin lebih dari Dow dan sekira 10-15 poin lebih pada S&P,” tambah kepala strategi di Bubbatrading.com, Todd Horwitz. (ts-04)

BACA JUGA  Bom Meledak Lagi di Surabaya, Kali Ini di Mapolrestabes
Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here