Terdapat Selisih Rp400 Miliar, Jumlah R-APBD Sumut TA 2016 Dipersoalkan

635
Rapat Paripurna APBD Sumut yang membahas R-APBD Sumut TA 2016, Senin (16/11/2015). (tobasatu.com/nida).

tobasatu.com, Medan | Rapat paripurna Pengesahan KUA-PPAS Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD) Sumut TA 2016 berulangkali mengalami hujan interupsi dari anggota dewan, Senin (16/11/2015). Pasalnya, terdapat selisih angka sebesar Rp400 miliar yang tercantum di buku R-APBD 2016 dengan draft nota kesepahaman yang dilaporkan Banggar.

Selain itu, sejumlah anggota dewan juga mempertanyakan Banggar yang membahas R-APBD Sumut TA 2016, padahal P-APBD Sumut TA 2015 belum selesai dibahas.

“Terkesan menjadi ganjil karena P-APBD Sumut TA 2015 belum kita tandantangani KUA-PPAS nya, tapi kita sudah membahas KUA-PPAS R-APBD 2016,” ujar Ketua Fraksi PAN DPRD Sumut, Parluhutan Siregar. Dia mempertanyakan apakah  pembahasan ini tidak menimbulkan masalah di belakang hari.

Situasi makin memanas saat politisi PDIP M Affan mempertanyakan perbedaan angka sebesar Rp400 miliar, dimana di dalam draft nota kesepahaman yang dibacakan Banggar disebutkan angka Rp9 triliun, sementara di dalam buku R-APBD Sumut TA angka yang tercantum hanya Rp8,6 triliun.

“Apakah kita sanggup mencapai target ini,”ujar Affan.

Politisi PDIP lainnya Sutrisno Pangaribuan juga mempertanyakan selisih angka tersebut. Sebab, selisih angka tersebut dikhawatirkan akan menimbulkan masalah di belakang hari. Hal ini juga dipertanyakan oleh Bustami HS. “Dari Rp8,6 T kok bisa jadi Rp9 T, darimana jalannya?”, ujar Bustami.

Namun Ketua Fraksi Gerindra Ramses Simbolon mendesak agar masalah teknis seperti itu dibahas secara tersendiri oleh Banggar.

“Kita kan diundang kemari dengan agenda untuk pengesahan KUA-PPAS. Jadi soal selisih angka yang sifatnya teknis seperti itu ya kita serahkan kepada Banggar untuk membahasnya,”ujar Ramses.

Pimpinan Rapat HT Milwan akhirnya menskors rapat yang juga dihadiri Plt Gubernur Sumut HT Erry Nuradi, dan sejumlah kepala SKPD.  Rapat pun akhirnya diskors dan dilanjutkan kembali pukul 14.00 WIB siang ini. (ts-02)

BACA JUGA  APBD Sumut Rp15,2 Triliun Disahkan