KPK Akhirnya Tahan Kamaluddin Harahap

875
Mantan Ketua DPRD Sumut periode 2009-2014 Kamaluddin Harahap resmi ditahan KPK, Senin (23/11/2015). (tobasatu.com/ist)

tobasatu.com, Jakarta | Sempat mangkir pada panggilan pertama, mantan Wakil Ketua DPRD Sumatera Utara periode 2009-2014 Kamaluddin Harahap, akhirnya resmi ditahan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (23/11/2015). Mantan Ketua DPW PAN Sumut itu ditahan KPK terkait kasus suap yang melibatkan Gubernur Sumut non aktif Gatot Pujo Nugroho.

Informasi diperoleh tobasatu.com, sebelum dijebloskan ke Rutan Polres Jakarta Timur, Kamaluddin Harahap sempat menjalani pemeriksaan selama 9 jam. Kamaluddin keluar dari Gedung KPK sekitar pukul 19.30 WIB, mengenakan baju tahanan warna oranye. Kamaluddin terus berusaha menutupi wajahnya dengan map putih yang dibawanya. Tak ada sepatah katapun keluar dari mulutnya.

Empat kolega Kamaluddin, yakni Ajib Shah (Partai Golkar ), Saleh Bangun (Partai Demokrat), Chaidir Ritonga (Partai Golkar), Sigit Pramono Asri (Partai Keadilan Sejahtera) sudah terlebih dahulu ditahan KPK pada 10 November 2015 yang lalu, dan kini ditempatkan di rumah tahanan yang terpisah.

Kamaluddin dijadikan tersangka terkait kasus suap yang melibatkan Gubernur Sumut non aktif Gatot Pujo Nugroho, bersama empat koleganya sesama mantan Pimpinan DPRD Sumut. Namun Kamaluddin mangkir dari panggilan pertama penyidik KPK. Karena itulah pria yang akrab disapa Kamal itu, tidak ikut ditahan, saat empat koleganya dijebloskan KPK ke rutan.

Saat mangkir dari panggilan pertama penyidik KPK, Kamaluddin sebelumnya sempat menghilang. Dia juga menjual rumah mewahnya di kawasan Medan Tembung.

Selain 5 mantan pimpinan DPRD Sumut, KPK juga saat ini tengah membidik puluhan anggota DPRD Sumut lainnya, yang diduga menerima aliran suap dari Gubernur Sumut non aktif Gatot Pujo Nugroho, terkait pembahasan APBD Sumut TA 2012-2015. KPK mencatat jumlah uang yang dibagi-bagi Gatot ke para anggota DPRD Sumut mencapai lebih dari Rp50 miliar. (ts)

BACA JUGA  Mencuat Wacana Pergantian Pimpinan Fraksi PAN DPRD Medan