November, Inflasi Kota Medan 0,53 Persen

844
Ilustrasi inflasi. (tobasatu.com/ist)

tobasatu.com, Medan | Tingkat inflasi di Kota Medan pada bulan November 2015 tercatat sebesar 0,53 persen, atau terjadi kenaikan indeks dari 122,37 pada bulan Oktober 2015 menjadi 123,02 pada bulan berikutnya.

Menurut kepala Bidang Statistik dan Produksi Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut – Bismark S Pardamean bahwa inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya indeks pada kelompok bahan makanan sebesar 0,69 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 1,78 persen, kelompok sandang sebesar 0,44 persen.

“Sementara untuk kelompok kesehatan sebesar 0,25 persen, kelompok pendidikan, rekreasi, dan olah raga sebesar 0,03 persen dan kelompom transport, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,36. Sedangkan, penurunan indeks terjadi pada kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,02 persen,” katanya kepada wartawan di kantor BPS Sumut Jalan Asrama Medan, Selasa (1/12/2015).

Menurut ekonom Sumut Gunawan Benjamin jika menghitung besaran laju tekanan inflasi secara kumulatif yang masih di bawah 2%, maka sebenarnya Sumut laju tekanan inflasinya sangat rendah sekali.

“Kita berikan acungan jempol bagi TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah). Laju tekanan inflasi ini akan memperbaiki daya beli masyarakat kita yang menurun akhir-akhir ini,” sebutnya.

Dikatakn Gunawan, kalau mengacu kepada besaran laju inflasi di bulan November yang sebesar 0.51% melebih angka nasional, memang laju tekanan inflasi di November kemarin sangat tinggi sekali. Dibandingkan nasional yang hanya 0.21%.

“Namun saya melihat besaran laju inflasi ini masih terbilang normal,”katanya. (ts-13)

BACA JUGA  TPID Gelar OP di 6 Pasar Tradisional dan Modern, Cabe Merah Dijual Rp40 Ribu Per Kilo