Penyelesaian Utang Pemprovsu Rp237 Miliar Diputuskan Lewat Voting

598
Pimpinan DPRD Sumut menandatangani Nota Kesepakatan KUA-PPAS terkait Perubahan APBD Sumut 2015. (tobasatu.com)

tobasatu.com, Medan | DPRD Sumatera Utara akhirnya menandatangani Nota Kesepakatan KUA-PPAS tentang Perubahan APBD Sumut TA 2015, Kamis (3/12/2015). Rapat paripurna yang berlangsung sejak pagi sekitar pukul 10.00 WIB tersebut baru berakhir pada pukul 20.00 WIB malam ini.

Rapat terpaksa berulang kali diskors karena kehadiran anggota dewan tidak memenuhi kuorum. Selain itu, pro kontra soal terkait Pergub No.10 tahun 2015 yakni adanya anggaran sebesar Rp237 miliar yang digunakan Pemprov Sumut untuk membayar utang pada pihak ketiga, menjadi kendala utama alotnya pembahasan.

Karena rapat berlangsung alot, akhirnya disepakati untuk mengambil keputusan dengan jalan voting. (tobasatu.com)
Karena rapat berlangsung alot, akhirnya disepakati untuk mengambil keputusan dengan jalan voting. (tobasatu.com)

Rapat akhirnya diputuskan lewat jalan voting. Ada tiga opsi yang diusulkan Badan Anggaran DPRD Sumut  untuk disepakati yakni Opsi pertama Rp237 miliar lebih tidak dimasukkan dalam bahasan Banggar, Opsi kedua DPRD Sumut tidak menyetujui atau menolak pembayaran pendahuluan utang Rp237 miliar, dan opsi ketiga belanja Rp237miliar lebih yang telah dibayarkan pada pihak ketiga tidak menjadi tanggung jawab pimpinan dan anggota DPRD Sumut.

Dari voting yang dilakukan, sebanyak 23 orang memilih opsi satu, 3 orang memilih opsi dua dan 24 orang memilih opsi tiga sehingga disepakati opsi tiga.

Anggota dewan yang memilih opsi satu yakni Fraksi Hanura 6 orang, dan Fraksi Partai Demokrat dengan 9 anggota dewan.  Sedangkan opsi dua dipilih Fraksi PKS sebanyak dua orang, sementara opsi tiga dipilih Fraksi PAN dua orang memilih, Fraksi Gerindra 8 orang, Fraksi NasDem 3 orang, Fraksi PDI-Perjuangan 8 orang sedangkan satu anggotanya yakni Jantoguh Damanik memilih abstain dan tiga orang dari Fraksi PKS juga memilih opsi ke-3.

Sebelumnya, rapat yang sudah berlangsung selama dua hari tersebut berlangsung cukup alot karena tak juga ada kesepakatan terkait Pergub 10 tahun 2015 yang digunakan Pemprov Sumut untuk membayar utang pada pihak ketiga.

BACA JUGA  Tabrak Lari, Sopir Anggota DPRD Sumut Rinawati Sianturi Dilaporkan ke Polisi

Rapat yang dijadwalkan Kamis pagi pukul 10.00 WIB tersebut baru dimulai sekitar pukul 17.30 WIB karena pimpinan fraksi-fraksi melakukan rapat dengan pimpinan dewan sebelum mengambil keputusan. (ts-02)

Loading...
loading...