Bank Indonesia Siapkan Uang Kartal Rp2,36 Triliun untuk Natal dan Tahun Baru

685
Ilustrasi uang kartal yang dipersiapkan Bank Indonesia. (ist)

tobasatu.com, Medan |  Menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumatra Utara menyediakan uang kartal senilai Rp2,36 triliun guna memenuhi kebutuhan uang karta di wilayah Medan.

Kepala Perwakilan BI Sumut dan Aceh Difi A. Johansyah mengungkapkan kebutuhan uang kartal pada tahun lalu mencapai Rp2,15 triliun, naik 9,6% dibandingkan tahun lalu. Difi mengungkapkan penyediaan uang kartal tersebut telah menjadi rutinitas tahunan.

Difi mengungkapkan penyediaan uang kartal tersebut dengan jumlah dan pecahan yang diperlukan sebagai antisipasi peningkatan kebutuhan uang menjelang Natal dan Tahun Baru. Kondisi ini, katanya, sama seperti pola musiman yang terjadi saat Lebaran.

Dalam proyeksi kebutuhan uang Hasil Cetak Sempurna (HCS) sebesar Rp419,7 miliar, atau meningkat 20% dari tahun lalu sebesar Rp349 miliar. Sedangkan kebutuhan yang dalam rangka pemenuhan kecukupan uang di anjungan tunai mandiri (ATM) senilai Rp1,94 triliun, atau meningkat 8% dari tahun lalu senilai Rp1,8 triliun.

“Kebutuhan sangat bervariasi ada yang Rp20.000, Rp5.000, Rp10.000 dan Rp50.000. Masyarakat juga bisa menukarkan ke kantor cabang bank terdekat,” katanya, sebagaimana dikutip tobasatu.com, Minggu (20/12/2015).

Untuk menjangkau seluruh masyarakat, Kantor Perwakilan BI Sumut bekerja sama dengan sembilan bank umum untuk melayani penukaran uang masyarakat melalui program card to cash (C to C), khususnya bagi nasabah perorangan. Selain itu, kata Difi, perbankan juga melayani masyarakat untuk memperoleh uang pecahan kecil (UPK) dalam kondisi baru.

BI mengimbau kepada masyarakat yang membutuhkan UPK, agar tidak menggunakan jasa penukaran yang lainnya guna menghindari kemungkinan timbulnya risiko yang tidak diinginkan, seperti perhitungan nilai yang tidak tepat.

Kepala Divisi Sistem Pembayaran BI Sumut Darmadi Sudibyo menggungkapkan pada pertengahan Desember 2015, kalangan perbankan mulai berdatangan ke BI untuk melakukan penukaran uang. Darmadi tak menampik kalau pihaknya akan membatasi jumlah nilai yang akan ditukar. Dia mengungkapkan lama waktu penukaran uang yang disediakan sekitar 5 hari–8 hari dari waktu yang ditetapkan.

BACA JUGA  Hanya Karena Percikan Air, Ayah Anak Kritis Dibacok OTK

“Penukaran uang dilakukan selama 5 hari-8 hari dan akan ada batas nominal untuk perorangan,” kata Darmadi. (ts-13)

 

Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here