Akhir Tahun, Keputusan Penurunan Harga BBM

365

tobasatu.com | ‎Keputusan penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) ditetapkan sebelum akhir tahun. Pemerintah saat ini masih mempertimbangkan besaran penurunan harga.

Demikian diungkapkan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said. Mengenai besaran penyesuaian harga, pemerintah masih mengkajinya. Sudirman mengatakan melihat kondisi harga minyak dunia yang terus anjlok beberapa waktu belakangan ini, sudah seharusnya harga BBM turun.

‎”Saya kira sebelum akhir tahun kita sudah mesti putuskan bagaimana harga BBM. Tapi hampir dipastikan memang akan turun harga,” kata Sudirman di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (22/12/2015).

Menurut Sudirman, saat ini pihaknya masih mempertimbangkan besaran penurunan harga karena ada pilihan harga BBM turun, hingga mendekati harga keekonomian atau lebih tinggi dari harga keekonomian.‎

‎”Turunnya masih dikalkulasi. Makanya Januari kita mesti putuskan harga baru dan apa yang sedang dipikirkan? Pilihannya betul-betul dipepetkan ke harga keekonomian,”‎ ujarnya.

Sudirman menambahkan jika penurunan harga lebih tinggi dari harga keekonomian, sisa dana dari harga BBM dengan harga keekonomian akan ditabung dan dijadikan dana ‎ketahanan energi. Hal tersebut akan dibicarakan dengan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

“Kita mulai menjalankan amanah Undang-Undang Energi di mana kita mulai memupuk dana ketahanan energi yang dulu sering dibicarakan,” pungkasnya.  (ts-04)

Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here