Hasilkan 17 Butir Rekomendasi, Pansus MEA Bakal Kunjungi 10 Negara ASEAN

420
Anggota DPRD Sumut Ikrimah Hamidy. (tobasatu.com)

tobasatu.com, Medan | Setelah melakukan 50 kali rapat baik internal maupun bersama sejumlah mitra kerja, Panitia Khusus (Pansus) Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang dibentuk DPRD Sumut untuk persiapan MEA, akhirnya menghasilkan 17 butir rekomendasi.

Rekomendasi itu disampaikan Ketua Pansus MEA DPRD Sumut Ikrimah Hamidy ST, dalam rapat Paripurna yang dipimpin Plt Ketua DPRD Sumut Parlinsyah Harahap, SE, Selasa (19/1/2016) dan dihadiri Sekda Provsu Hasban Ritonga.

Salah satu dari 17 butir rekomendasi yang dihasilkan Pansus MEA adalah Pansus MEA DPRD Sumut bersama Pemprovsu akan mengunjungi negara-negara ASEAN. Ikrimah menyatakan kunjungan ini dimaksudkan untuk menjamin peran aktif masyarakat Sumatera Utara dalam MEA baik formal maupun informal.

“Kunjungan ini juga dimaksudkan untuk promosi produk unggulan daerah,” sebut politisi PKS itu saat membacakan laporan Pansus MEA. Soal dananya, kata Ikrimah, akan ditampung dalam P-APBD TA 2015 serta anggaran pendukung Pansus Pembahasan Persiapan MEA.

Adapun 10 negara yang menjadi anggota MEA diantaranya adalah Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Vietnam, Myanmar, Singapura, Filipina, dan Thailand.

Sebagaimana diketahui, pembentukan pasar tunggal yang diistilahkan dengan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) telah mulai diberlakukan pada akhir Desember 2015 yang lalu. Dengan sistem ini nantinya memungkinkan satu negara menjual barang dan jasa dengan mudah ke negara-negara lain di seluruh Asia Tenggara sehingga kompetisi akan semakin ketat.

Masyarakat Ekonomi ASEAN tidak hanya membuka arus perdagangan barang atau jasa, tetapi juga pasar tenaga kerja profesional seperti dokter, pengacara, akuntan, perawat, teknik, arsitektur, kesehatan, keperawatan gigi dan pariwisata akan menjadi prioritas negara ASEAN. (ts-02)

BACA JUGA  Sengketa Lahan Masyarakat Kuala Indah dengan Inalum, Polisi Kok Main Bongkar Paksa?
Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here