[video] Timsus Kodam I/BB Ungkap 2 Ons Sabu dan 1.919 Butir Ekstasi Suzuki

665

tobasatu.com, Medan | Tim Khusus (Timsus) Kodam I/BB dan Deninteldam I/BB membekuk bapak dan anak yang mengedarkan sabu serta ekstasi. Penangkapan keduanya dilakukan di belakang Lembaga Pemasyarakatan (LP) Labuhan Deli, kawasan Simpang Kantor Titipapan, Medan Marelan, Sumatera Utara.

[su_youtube url=”https://www.youtube.com/watch?v=29yf0HUyeGk”]

Menurut Kepala Penerangan Kodam I/BB (Kapendam), Kolonel (Inf) Enoh Solehudin didampingi Kaur Medmass Pendam I/BB, Kapten (Inf) Yamin Sohar, Rabu (20/1/2016) di Mako Deninteldam I/BB, identitas bapak dan anak tersebut adalah A Kok Susanto (44) warga Jl M Basir/Pasar V Marelan dan putranya Henda alias A Cien (21).

Dua warga keturunan Tionghoa ini diketahui sudah tiga bulan berjualan narkoba yang dipasok dari Malaysia itu. Dari tangan mereka berdua, diamankan 2 ons sabu dan 1.919 pil ekstasi merek Suzuki yang kemudian dijadikan barang bukti.

“Mereka pesan barang setelah ada yang mau membeli dulu. Kemudian barang (narkoba) dikirim melalui jalur laut di wilayah Tanjungbalai, Batubara dan sekitarnya. Dari pemeriksaan sementara, sabu dan ekstasi ini sudah diedarkan di Medan dan sekitarnya,” ungkap Enoh.

Lanjut dikatkaan Enoh, penangkapan keduanya bermula dari info yang diperoleh timsus, Senin (18/1/2016) soal peredaran narkoba di belakang LP Labuhan Deli itu. Selanjutnya anggota timsus melakukan penyamaran sebagai pembeli. Pesanan itu disanggupi A Cien dan mengantarkan 5 butir pil ekstasi kepada anggota timsus yang menyamar.

Kemudian anggota timsus mencoba membeli dalam jumlah besar. Kemudian pada Selasa (19/1) sekitar pukul 2 pagi, anggota timsus dikontak A Kok dan pesanan dengan jumlah 2 ons sabu dan 1.919 butir ekstasi disepakati. Belakang LP Labuhan Deli dijadikan sebagai tempat bertransaksi.

Sekitar pukul 2 siang, anggota timsus menghubungi A Kok. A Cien datang sambil membawa 2 ons sabu dan pil ekstasi merek Suzuki sebanyak 1.919 butir. Tanpa buang waktu, anggota timsus menyergap A Cien. Guna pengembangan, A Cie dibawa ke rumahnya di Jalan M Basir Pasar V Marelan.

Penggeledahan dilakukan dengan disaksikan Kepala Lingkungan (Kepling) setempat. Dari situlah, anggota timsus menciduk A Kok di Jalan Jala 10, Lingkungan 14, Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan. Kemudian A Kok dan narkoba-narkoba itu dibawa ke Mako Deninteldam I/BB.
“Setelah kita periksa, kedua tersangka berikut barang bukti diserahkan ke pihak Badan Narkotika Nasional (BNN),” pungkas Enoh.

Namun, A Kok yang diwawancarai menyebut proses transaksi dengan pembeli hanya melalui HP saja. “Makanya aku tak kenal orangnya siapa. Iya, baru tiga bulan ini berjualan,” katanya yang saat itu langsung digiring ke ruang pemeriksaan oleh anggota Deninteldam I/BB. (ts-04)

Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here