Anggaran Rp21 T Jangan Tumpang Tindih, Pemprovsu dan 7 Kab/kota Harus Duduk Bersama

821
Danau Toba yang menjadi destinasi kebangaan warga Sumatera Utara. (tobasatu.com/ist)

tobasatu.com | Pemerintah menganggarkan dana sebesar Rp21 triliun demi mewujudkan kawasan Danau Toba menjadi ‘Monaco of Asia’ sehingga mampu menjadi destinasi wisata internasional. Namun rencana itu sulit terwujud bila Pemerintah Pusat, Pemprovsu dan 7 kabupaten/kota tidak bersinergi, apalagi sampai meninggalkan masyarakat lokal.

Selama ini Pemrovsu dan tujuh kabupaten/kota yakni Pemkab Simalungun, Karo, Dairi, Samosir, Toba Samosir, Humbahas dan Tapanuli Utara tidak pernah duduk bersama membahas program bersama mengembangkan kawasan Danau Toba.

“Mereka jalan masing-masing. Dapat dilihat disetiap even festival Danau Toba selalu ada masalah dengan kabupaten/kota sebagai penyelenggara. Tidak pernah ada koordinasi dan persepsi yang sama,” tutur Anggota DPRD Sumut Sarma Hutajulu, Minggu (14/2/2016).

Kurangnya koordinasi juga bisa dilihat dari pagelaran Festival Danau Toba tahun 2015 yang digelar di Kabupaten Karo, padahal biasanya even tersebut rutin digelar di Kabupaten Simalungun dan Siantar.

“Pemprovsu dan pemerintah 7 kabupaten/kota harus duduk bersama menyamakan persepsi. Menurutnya, kalau Pemrovsu dan kabupaten/kota sudah sama persepsi, maka bisa menentukan masing-masing anggaran untuk membuat dan menjalankan program,” tutur Anggota DPRD Sumut dari Dapil Sumut 9 (Kabupaten Humbang Hasundutan, Toba Samosir, Samosir, Tapteng, Taput, Kota Sibolga) tersebut.

“Kalau tidak begitu, maka kondisi nya akan begini saja. Selain itu anggaran dari Pemerintah pusat sebesar Rp21 triliun harus jelas peruntukkannya. Jangan malah tumpang tindih dengan nilai yang akan dianggarkan kabupaten/kota,” tutur Sarma yang juga Ketua Komisi A DPRD Sumut.

Diketahui, pemerintah pusat menyediakan anggaran sebesar Rp21 triliun untuk pembangunan infrastruktur penunjang otorita Danau Toba, sehingga rencana pembangunan jalan tol Medan-Parapat akan terwujud setelah dibangunnya tol Medan-Tebingtinggi. (ts-02)

BACA JUGA  Ketua DPRD Sumut Tinjau Persiapan Pelaksanaan PON XXI Sumut-Aceh