15 Bupati/Walikota di Sumut Dilantik Pagi Ini

968
Ilustrasi kepala daerah (tobasatu.com/ist)

tobasatu.com, Medan | Sebanyak 15 bupati/walikota dan wakilnya akan dilantik pagi ini di Lapangan Merdeka Medan, Rabu (17/2/2015). Pelantikan akan dilakukan Plt Gubernur Sumut HT Erry Nuradi, sebagai perpanjangan tangan Menteri Dalam Negeri.

Ke-15 bupati/ walikota yang dilantik ini, 14 diantaranya merupakan pasangan kepala daerah yang terpilih pada Pilkada serentak 9 Desember 2015 lalu yakni : T Dzulmi Eldin – Akhyar Nasution (Medan), Muhammad Idaham – Timbas Tarigan (Binjai), M Syahrial-Ismail Marpaung (Tanjung Balai), Syarfi Hutauruk – Edipolo Sitanggang (Sibolga), Soekirman – Darma Wijaya (Serdang Bedagai), Pangonal Harahap – Andi Suhaimi Dalimunthe (Labuhan Batu).

Selanjutnya Taufan Gama Simatupang – Surya (Asahan), Kharuddin Syah – Dwi Prantara (Labuhan Batu Utara), Wildan Aswan Tanjung – Kholil Jufri Harahap (Labuhan Batu Selatan), Darwin Siagian – Hulman Sitorus (Toba Samosir), Dosmar Banjarnahor – Saut Parlindungan (Humbang Hasundutan), Syahrul M Pasaribu dan Aswin Efendi Siregar (Tapanuli Selatan), Rapidin Simbolon – Juang Sinaga (Samosir), serta Remigo Yolando Berutu – Maju Ilyas Padang Pakpak Bharat).

Sementara satu kepala daerah lainnya yakni Bupati Tapanuli Tengah, Syukran Jamilan Tanjung akan dilantik menjadi bupati definitif menggantikan Raja Bonaran Situmeang yang terjerat kasus hukum di KPK.

“Jadi total ada 14 yang hasil pilkada serentak 2015 dan ada satu yang dilantik menjadi definitif di Tapteng,” kata Plt Gubernur Sumatera Utara, T Erry Nuradi, saat gladi resik pelantikan di Lapangan Merdeka, Selasa (16/2/2016) sore.

T Erry menjelaskan, salinan SK pelantikan seluruh pasangan calon tersebut sudah mereka terima. Pegawai yang diutus untuk menjemputnya dari Jakarta siang tadi sudah terbang menuju Medan tempat pelantikan seluruh kepala daerah tersebut digelar.

“Sesuai instruksi pelantikan digelar di Ibukota Provinsi,” ungkapnya.

BACA JUGA  P4B Medan Harap Program Mudik Bersama Pedagang Pasar dan Bank Mandiri Bisa Berkelanjutan

Sebelumnya sempat beredar kabar bahwa hanya 6 bupati/walikota yang akan dilantik oleh Plt Gubernur Sumut, dan 9 kepala daerah batal dilantik karena salinan SK Pelantikan belum turun. Namun hingga waktu yang ditentukan akhirnya 15 pasangan bupati/walikota ini bisa dilantik sesuai jadwal. (ts-02)