Batik Air Tabrakan dengan TransNusa di Bandara Halim

732

tobasatu.com | Tabrakan antara pesawat Batik Air jurusan Jakarta-Ujung Pandang dengan pesawat TransNusa terjadi di landasan pacu (runway) Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (4/4/2016). Kondisi pesawat Batik Air mengalami kerusakan cukup parah.

Maskapai Batik Air tersebut jenis Boeing 737-800 NG. Peristiwa itu dilaporkan terjadi sekitar pukul 20.00 WIB. Maskapai Batik Air saat itu sedang melaju di runway untuk lepas landas. Namun di tiba-tiba pesawat TransNusa yang sedang ditarik melintas di jalur tersebut. Alhasil tabrakan terjadi. Bagian sayap pesawat tersebut patah dan terbakar. Mesin di bagian pesawat tersebut jatuh ke landasan.

Seluruh penumpang dilaporkan selamat dan telah dievakuasi ke terminal penumpang. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menutup bandara hingga pukul 00.00 WIB. Selanjutnya, 5 pesawat siap take off. “Hingga saat ini tidak ada penerbitan notam perpanjangan penutupan,” ujar Kapuskom Kemenhub J.A Barata, Selasa (5/4/2016).

Dengan tidak adanya perpanjangan notam, lanjut Barata, maka secara operasional dapat diartikan notam penutupan sebelumnya dianggap sudah tidak aktif dan mestinya runway sudah dibuka. “Laporan dari HLP, saat ini sedang disiapkan utk men take-off kan pesawat,” ujarnya. (ts-04)

BACA JUGA  Wakil Ketua DPRD Sumut Ngaku Bawa Bom di Bandara Kuala Namu