Penyaluran Gas Elpiji 3 Kg Tidak Merata, Pertamina Diminta Lakukan Pendataan Ulang

457
Anggota DPRD Sumatera Utara Sopar Siburian. (tobasatu.com/nida)

tobasatu.com, Medan |Ketua Komisi B DPRD Sumut Sopar Siburian SH MH menyatakan Pertamina perlu mendata ulang distribusi gas elpiji 3 kg, karena penyalurannya di sejumlah daerah tidak merata.

Menurut politisi Partai Demokrat itu, Kamis (7/5/2016), penyaluran gas elpiji 3 kg di sebagian daerah mengalami over suplai (kelebihan), sementara di kabupaten/kota lain yang kekurangan bahkan terjadi kelangkaan. Hal ini diketahui saat Komisi B melakukan pertemuan dengan stakeholder terkait pendistribusian gas elpiji 3 kg bersubsidi di Sumut pada Selasa (5/4/2016).

Sopar Siburian menyebutkan, sesuai data yang disampaikan dalam pertemuan bersama GM Pertamina Wilayah Sumut, Kabiro Perekonomian, Disperindag Provsu, Asisten II Gubsu, Dinas Koperasi dan UKM dari 28 kabupaten/kota dan pengurus DPD Hiswana Migas, bahwa di Kabupaten Langkat , Deliserdang, Serdang Bedagai dan Kota Binjai terjadi kelebihan (over supply) gas elpiji 3 kg, tapi didaerah lain justru mengalami kekurangan.

Kondisi tersebut, ungkap Sopar yang juga Sekretaris Fraksi Partai Demokrat DPRD Sumut itu, juga ditemukan anggota Dewan ketika melakukan reses di dapil (daerah pemilihannya) di 33 kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara ini.

“Para anggota dewan ketika reses, banyak menemukan kekurangan ketersediaan pasokan gas elpiji 3 kg, bahkan dibeberapa daerah masih langka,” ujarnya lagi.

Karena itu, tambah Sopar Siburian, telah disepakati agar pihak Pertamina bersama-sama Pemprovsu, Hiswana Migas dan Komisi B DPRD Sumut melakukan pendataan ulang dan menetapkan quota gas elpiji bersubsidi masing-masing kabupaten/kota, sesuai kebutuhan riel.

“Demikian halnya tata kelola Harga Eceran Tertinggi gas elpiji 3 kg sesuai ketentuan. Hal ini dilakukan agar masyarakat Sumut, khususnya pelaku usaha kecil dan menengah dengan mudah dapat menikmati gas elpiji bersubsidi yang selalu tersedia,” ungkapnya. (ts-02)

BACA JUGA  Pemprovsu Alokasikan 15 Persen dari Dana BOS untuk Guru Honor
Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here