Pemko Medan Pulangkan 127 Orang Eks Anggota Gafatar

450
Para eks anggota Gafatar ini dikumpulkan di Kantor Walikota Medan dan dikembalikan ke tengah keluarganya. (tobasatu.com)

tobasatu.com, Medan | Pemerintah Kota Medan memulangkan 33 KK atau 127 orang eks Anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) kepada keluarganya masing-masing.

Para eks anggota Gafatar ini sebelumnya dijemput dari 6 titik penampungan, yakni SPN Sampali sebanyak 35 orang, Lantamal I Belawan 39 orang, Yon Arhanudse 3 orang, Yon Kavaleri 6 Serbu 31 orang, Brimob Binjai 6 orang dan Yon Armed 13 orang, Sabtu (9/4/2016).

Mereka dijemput dengan menggunakan bus dan dikumpulkan di halaman kantor Walikota Medan untuk diserahkan kepada keluarga masing-masing.

Pemko Medan menyediakan bus sebagai transportasi untuk memulangkan eks anggota Gafatar. (tobasatu.com)
Pemko Medan menyediakan bus sebagai transportasi untuk memulangkan eks anggota Gafatar. (tobasatu.com)

Acara penyerahan  para eks anggota Gafatar ini dihadiri oleh Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Medan Drs H Palit Muda Harahap, Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Armansyah S Lubis SH, Kabag Kesra M Raja Nasution, Kabag Agama dan Penidikan Drs M Ilyas dan sedjumlah Camat di Kota Medan.

Walikota Medan diwakili Kepala Badan Kesbang Polinmas Medan H Ceko Wakhda Ritongah SH mengatakan, para eks Gafatar ini dijemput dari 6 titik penampungan  kemudian dikembalikan kepada keluarganya dan tinggal di keluarganya masing-masing untuk  menjalani kehidupan di tengah-tengah masyarakat. Pemko Medan sendiri memfasilitasinya sampai mereka benar-benar berada di keluarganya.

“Keberadaan saudara kita tersebut ditengah masyarakat nantinya akan dibimbing dan diberikan sosialisasi baik itu dari tokoh masyarakat, tokoh agama dan camat juga peran FKUB dan MUI dilibatkan agar keberadan mereka  bisa berbaur dan berinteraksi dengan masyarakat seperti bagai mana biasanya selama ini,” sebut Palit Muda Harahap.

Para pengungsi yang dipulangkan sudah memiliki alamat tujuan dan sebagian dijemput keluarga. Bila tidak ada keluarga yang menjemput, sebut Palit, Pemko Medan siap memfasilitasi untuk mengantarnya sampai ke tempat keluarga. (ts-02)

BACA JUGA  Pemko Medan Diminta Tuntaskan Pembayaran Honor 56 Bilal Mayit dan Tukang Gali Kubur
Loading...
loading...