Permasalahan DPW Perindo Sumut, HT Harus Bijak

3031
Ilustrasi Perindo. (tobasatu.com/ist)

tobasatu.com, Medan | Ketua Umum Partai Perindo, Harry Tanoesoedibjo (HT) disarankan bijak dan tanggap dalam menyikapi permasalahan internal di kepengurusan DPW Perindo Sumatera Utara (Sumut) yang mengakibatkan tidak menjabatnya lagi Binsar Simatupang sebagai Sekretaris DPW Perindo Sumut.

Menurut salah seorang tokoh Sumut yang juga Mantan Ketua Panwaslu Sumut Ikhwaluddin Simatupang, jika dicermati permasalahan yang terjadi di DPW Perindo Sumut hanya masalah sepele yang bersifat koordinasi antara Ketua DPW dan Sekretaris yang sebenarnya dapat diselesaikan dengan cara musyawarah. Apalagi Binsar Simatupang sempat mengadukan hal ini kepada HT secara tertulis melalui email yang sampai saat ini tidak ditanggapi oleh HT.

“Masalah DPW Perindo Sumut hanya masalah sepele. Seharusnya Harry Tanoesoedibjo dapat menyelesaikannya tanpa harus berlarut-larut seperti ini. Apalagi posisi Binsar Simatupang telah digantikan dengan orang lain tanpa ada bukti fisik surat yang diterimanya (Binsar—red) dan sempat disuruh untuk mundur dari jabatannya. Bahkan dari informasi yang diterima bukan hanya sekretaris saja yang diminta mundur, wakil bendahara juga diminta untuk mundur,” kata Ikhwal kepada kepada wartawan di Medan, Kamis (14/4/2016).

Kondisi ini, lanjut pria yang juga pernah menjabat sebagai Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Kota Medan, dinilai sangat tidak demokratis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Apalagi Perindo merupakan partai baru, seharusnya menunjukkan sikap berpolitik dan berorganisasi yang baik agar dapat dicontoh oleh masyarakat.

“Dalam menjalankan tugas partai, Binsar Simatupang sebagai Sekretaris telah bekerja dengan baik yang telah banyak  mengorbankan waktu dan materi. Apalagi beliau (Binsar–red) sempat menjadi pengurus di Ormas Perindo. Partai seharusnya menggalang kader seperti ini. Jangan permasalahan seperti menjadikan Perindo sebagai partai baru dinilai miris sama masyarakat,” ujarnya.

BACA JUGA  Lantik Pengurus DPD dan DPC Perindo se-Deliserdang, Rudi: Jaga Soliditas untuk Wujudkan Cita-Cita Partai

Sebelumnya, Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Perindo Sumatera Utara (Sumut), Binsar Simatupang melayangkan protes kepada Ketua Umum (Ketum) Perindo, Hary Tanoesoedbjo.

Pasalnya, Binsar merasa telah dizolimi oleh Ketua DPW Perindo Sumut, Rudi Hasibuan yang memecat dirinya secara sepihak. Apalagi, pemecetan tersebut tidak memiliki landasan yang kuat.

“Saya dan Wakil Bendahara DPW Perindo Sumut, ibu Cynthia dipaksa mundur tanpa alasan yang jelas. Sampai detik ini kami tidak pernah membuat surat pengunduran diri, anehnya Rudi sudah menunjuk pengganti kami,“kata Binsar didampingi Cynthia kepada wartawan, Selasa (12/4).

Atas dasar itulah, Binsar mengaku dirinya sudah melayangkan surat resmi yang dikirimkannya ke email pribadi HT. Selain itu, ia juga sudah mengirimkan pesan singkat (WhatsApp) meski sejauh ini belum ada tanggapan.

“Pak HT sudah tahu masalah ini, semua kronologi kejadian sudah saya jelaskan. Sebelumnya saya juga sudah mencoba untuk bertemu langsung dengan beliau tapi urung terlaksana karena kesibukannya. Atas petunjuk ajudannya, maka saya kirimkan aduan tersebut via email,” papar pria yang tercatat sebagai dosen di salah satu PTS di Kota Medan itu. (ts-02)