Ombudsman akan Beberkan Kecurangan UN ke Mendiknas

336
Ombudsman akan Beberkan Kecurangan UN SMAN 2 MAN ke Mendiknas - info update berita medan hari ini - tobasatu news
ilustrasi ombudsman. (tobasatu.com)

Tobasatu.com, Medan | Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara menyatakan pihaknya akan membeberkan sejumlah temuan pelanggaran dalam Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA sederajat di Sumut, kepada Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Anies Baswedan.

Temuan Ombudsman Sumut itu akan disampaikan dalam rapat antara Ombudsman RI bersama Mendiknas di Kantor Ombudsman RI, Jalan Rasuna Said, Kuningan Jakarta, Rabu (4/5/2016).

Abyadi Siregar mengatakan, ada tiga perwakilan Ombudsman yang diundang dalam rapat tersebut, selain Ombudsman Sumatera Utara, juga diundang Ombudsman Perwakilan DI Yogyakarta dan Sulawesi Utara.

Sejumlah temuan Ombudsman berupa pelanggaran dalam pelaksanaan UN tingkat SMA sederajat pada 4-7 April 2016 lalu  termasuk temuan dugaan kunci jawaban yang ditemukan Ombudsman Sumut di SMAN 2 Medan. (UN Hari Pertama, Ombudsman Temukan Kunci Jawaban Beredar di SMAN 2)

Selain itu akan dilaporkan pula mengenai dugaan kebocoran soal dan dugaan beredarnya kunci jawaban mata pelajaran Bahasa Indonesia, termasuk pelanggaran POS UN, yakni masuknya para pejabat ke dalam ruangan ujian saat ujian sedang berlangsung. Kemudian adanya peserta ujian membawa telepon genggam ke ruang ujian, dan pengawas yang menggunakan HP dan membaca koran/majalan saat sedang mengawas ujian.

Selain itu, ada pula sekolah yang tidak membuat pengumuman mengenai larangan masuk ke ruangan saat ujian berlangsung.

“Semua ini akan kita paparkan kepada Mendiknas,” kata Abyadi Siregar kepada wartawan di Medan, Selasa (3/5/2016).

Menurut Abyadi, yang paling penting dalam pertemuan itu adalah, akan dilakukan sinkronisasi atau pencocokan soal ujian mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan kertas yang diduga kunci jawaban yang ditemukan Ombudsman Sumut di SMAN 2 Medan.

Dikatakan Abyadi, pemaparan temuan pelanggaran UN kepada menteri adalah bagian dari proses pengawasan UN yang dilakukan Ombudsman se-Indonesia. (ts-02)

BACA JUGA  Gubernur Optimis Tahun Depan UNBK Jangkau Seluruh Sekolah di Sumut
Loading...
loading...