April 2016, Sumut Impor 4.124 Ekor Sapi Australia

2010
Puluhan sapi impor diturunkan dari kapal dan dinaikkan keatas truk (foto : tobasatu.com/ Lee)

tobasatu.com, Belawan | Ribuan ekor sapi asal Australia masuk ke Sumatera Utara melalui Pelabuhan Belawan menggunakan jasa kapal yang khusus mengangkut hewan ternak.

General Manager Pelindo I Cabang Belawan, Sahat Prawira Tambunan, melalui Asisten Manejer  Hukum dan Humas PT Pelabuhan Indonesai (Pelindo) 1 Belawan, Roswita SH mengatakan, sesuai data yang dirangkum berdasarkan jadwal kedatangan kapal serta kegiatan bongkar muat barang di Pelabuhan Belawan periode bulan April 2016 pasokan sapi asal luar negeri ke Sumut kurang lebih sebanyak 4.124 ekor.

Menurut Roswita, pasokan sapi yang cukup banyak tersebut untuk memenuhi permintaan masyarakat atas kebutuhan daging segar yang diperkirakan akan mengalami peningkatan menjelang datangnya bulan puasa maupun Idul Fitri tahun ini.

Kapal luar negeri sedang sandar di dermaga Ujung Baru Pelabuhan Belawan, melakukan aktivitas bongkaran barang impor. (foto : tobasatu.com/ Lee).
Kapal luar negeri sedang sandar di dermaga Ujung Baru Pelabuhan Belawan, melakukan aktivitas bongkaran barang impor. (foto : tobasatu.com/ Lee).

Pada periode yang sama, melalui Pelabuhan Belawan, pihak eksportir di Sumut mengekspor sedikitnya 11.430 ton minyak sawit mentah/Crude Palm Oil (CPO) ke luar negeri.

Jumlah tersebut mengalami penurunan dibandingkan dengan ekspor pada Maret 2016 yakni sebanyak 37.000 ton.

Asisten Manajer Hukum dan Humas Pelindo I Cabang Belawan ini juga mengatakan, pelayaran Luar Negeri Kapal Asing  Call  sebanyak 10  atau setara dengan  Grt  (Gross register tonnage)  51,144  Kapal Nasional   Call  5 Grt  (Gross register tonnage)  960  sehingga Jumlahnya  Call 104   15  atau Grt  52.

Sedangkan arus barang pada bulan April di Pelabuhan Pelindo 1 Cabang Belawan antara lain, Import  219.850 ton, Eksport  244.164 ton, Antar Pulau Bongkar  372.965 ton, Antar Pulau Muat 23,978 ton, sehingga Jumlah seluruhnya sebanyak  860.957 ton.

Sedangkan untuk arus penumpang pada bulan April di dermaga terminal penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan, untuk Penumpang Dalam Negeri  yang turun  sebanyak  2.298 orang dan yang naik sebanyak 3.056. Sehingga jumlah yang naik maupun yang turun pada bulan April sebanyak 5.354 orang, sedangkan untuk penumpang Luar Negeri pada bulan April tidak ada. (ts-14)

BACA JUGA  Pelindo I Belawan Salurkan Dana KBL Rp1 Miliar Lebih