Polisi Bekuk Seorang Pelaku Perompakan yang Menewaskan Crew Salam TV

1361

tobasatu.com, Belawan | Setelah dilakukan pengejaran kurang lebih selama satu bulan, petugas Reskrim Polres Pelabuhan Belawan, berhasil membekuk Muhamad Ruslan alias Ulan (25), salah seorang pelaku perompakan crew Salam TV, di Muara Perairan Belawan, yang mengakibatkan tewasnya Zulfan kameramen Salam TV Medan.

Muhamad Ruslan alias Ulan, penduduk Kampung Nelayan Seberang, Kelurahan Belawan Satu, Kecamatan Medan Belawan ini, dibekuk petugas Reskrim Polres Pelabuhan Belawan, Selasa (23/05/2016) lalu sekitar pukul 16.30 wib, di Desa Kreung Meumbe Bireun Aceh Utara.

Menurut keterangan Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Tri Setyadi, Kamis (26/5/2016), saat akan ditangkap Ruslan alias Ulan melakukan perlawanan dan coba melarikan diri, yang akhirnya petugas terpaksa melakukan tembakan di kaki sebelah kirinya.

Kapolres Pelabuhan Belawan ini juga mengatakan, dalam penyidikan aparatnya, pelaku perompakan ini mengaku sudah empat kali melakukan pencurian dan perompakan di laut, dengan cara kekerasan. Sedangkan temannya Fendi alias Ipen (26), yang juga penduduk Kampung Nelayan Seberang, masih dalam buronan petugas Polres Pelabuhan Belawan.

Seperti diberitakan sebelumnya, aksi perompakan tersebut berlangsung beberapa pekan lalu, atau Rabu (27/04/2016) di sekitar muara perairan Belawan. Saat itu, para crew Salam TV, dengan menggunakan kapal motor sedang bermaksud kembali ke tangkahan, seusai melaksanakan pengambilan gambar, untuk mengisi acara dakwah Tausyiah Ramadhan pada bulan Ramadhan tahun ini.

Tiba-tiba dua orang pria menyaru sebagai nelayan dengan menggunakan sampan bermesin datang meminta minuman, ketika salah seorang crew Salam TV memberikan minuman, salah seorang dari kawanan perompak ini merampas tas milik korban berisikan sejumlah kamera bernilai Rp250 juta.

Dalam peristiwa tersebut, Zulfan kameraman meninggal dunia, sementara Fadlan mengalami luka pada bahagian jari tangan kanan. Sedangkan Piandi mengalam luka memar  di bagian  dada dan punggung dan Salam TV mengalami kerugian Rp170 juta. (ts-14)

BACA JUGA  Polda Sumut dan Polres Belawan 2 Jam Geledah Kantor TKBM