Pompa di Instalasi Pengolahan Air PDAM Tirtanadi Terbakar, Layanan Terganggu

1774
Instalasi Pengolahan Air (IPA) Limau Manis milik PDAM Tirtanadi. (tobasatu.com/ist)

tobasatu.com, Medan | Layanan air bersih oleh PDAM Tirtanadi Medan kembali mengalami gangguan. Kali ini disebabkan terbakarnya salah satu pompa di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Limau Manis, yang terjadi pada Jumat (17/6/2016).

Pelaksana Tugas Kepala Divisi Public Relations PDAM Tirtanadi Syawal Hutasuhut, SH, M.Si dalam keterangan yang diperoleh tobasatu.com, Sabtu (18/6/2016), menyatakan bahwa pada hari Jumat satu unit Pompa di IPA  Limau Manis mengalami kerusakan pada elektromotornya (terbakar).

“Kemarin (Jumat /17-06) salah satu Pompa di IPA Limau Manis terbakar elektromotornya sehingga pompa operasi di IPA Limau Manis saat ini hanya dua unit, yang normalnya pada saat beban puncak pompa operasi di IPA Limau Manis sebanyak tiga unit,” kata Syawal Hutasuhut.

Berkurangnya jumlah pompa operasi mengakibatkan penurunan kapasitas produksi IPA Limau Manis dari normalnya 560 l/d menjadi 520 l/d dan tekanan air di pipa transmisi yang normalnya 6,1 kg/cm2 turun menjadi 5,2 kg/cm2.

Penurunan kapasitas produksi IPA Lima Manis menyebabkan pelayanan terganggu di beberapa wilayah di Cabang Pembantu Tembung, Cabang HM. Yamin, Cabang Tuasan, dan Cabang Cemara baik dari segi kontinutas, kualitas maupun kuantitas.

Menurut Syawal, saat ini perbaikan masih terus dilakukan. Namun mengingat ada komponen alat yang harus didatangkan dari luar, maka perbaikan diperkirakan baru akan selesai dilakukan pada hari Kamis (23/6) mendatang.

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, pelanggan kami yang mengalami gangguan air dapat menyampaikan keluhannya ke Cabang terkait atau melalui Layanan Halo Tirtanadi ke nomor 1500 922,” demikian disampaikan Syawal Hutasuhut. (ts-02)

BACA JUGA  Tingkatkan Kualitas dan Produksi Air, PDAM Tirtanadi Lakukan Pencucian Pipa 600 mm, Pelayanan Terganggu