Mortir Roket Berdaya Ledak Tinggi Ditemukan di Pembangunan Rel Ganda Kereta Api

398
Mortir Roket Berdaya Ledak Tinggi Ditemukan di Pembangunan Rel Ganda Kereta Api
Petugas Jihandak saat melakukan pengaman mortir di lokasi. (tobasatu.com/ist)

tobasatu.com, Medan | Sebuah mortir jenis roket berdaya ledak tinggi, ditemukan di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Perintis,  Kecamatan Medan tepatnya di lokasi proyek pembanguan rel ganda kereta api.

Dari informasi diterima, Senin (25/7/2016) siang, mortir ditemuka ketika operator excavator bernama Rusyadi melakukan penggalian untuk pondasi fly over pembangunan rel jalur ganda.

Saat kuku baket excavator mengorek hingga kedalaman 1,5 meter, benda keras itu pun tersentuh. Kemudian operator segera mengangkatnya dan saat diperiksa ternyata benda itu merupakan mortir.

“Mortir itu ditemukan, Minggu sore, saat itu pekerja pembangunan proyek rel ganda sedang melakukan penggalian ternyat alat berat mengenai benda keras dan saat diperiksa benda itu sebuah mortir yang tertimbun selama berpuluh-puluh tahun,” terang Kanit Reskrim Polsek Medan Timur, Iptu MS Ginting.

Kata Ginting, setelah sitemukan Polsek Medan Timur langsung menyerahkannya ke Tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) untuk dilakukan pemeriksaan. Diduga mortir itu dibuat ketika zaman penjajahan Belanda.

“Saat ditemukan Benda berupa mortir tersebut berdiameter 10 cm dan panjang 70 cm. Saat ini benda berupa mortir tersebut sudah diamankan oleh Jihandak Brimob Poldasu,” katanya.

“Dari hasil sementara penyelidikan mortir jenis roket yang ditemukan masih aktif pungkas MS Ginting. (ts-05)

BACA JUGA  Sudah Sepuh, Nenek 60 Tahun Malah Terlibat Sindikat Perampokan
Loading...
loading...