2 Ketum Parpol Ini Terpilih Jadi Pembantu Jokowi

748
menteri yang dirombak jokowi

tobasatu.com, Jakarta | Presiden Jokowi merombak sejumlah menteri di Kabinet Kerja. Ada 12 menteri yang direshuffle Jokowi, 9 wajah baru dan 3 wajah lama, Rabu (27/7/2016).

Dengan formasi baru ini, saat ini tercatat terdapat 2 Ketua Umum Parpol yang terpilih untuk menjadi pembantu Jokowi.

Mereka adalah Sutiyoso yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) dan Wiranto yang baru saja terpilih sebagai Menko Polhukam menggantikan Luhut Binsar Panjaitan yang selanjutnya ditunjuk Jokowi menjadi Menko Maritim.

Sutiyoso diketahui merupakan purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir Letnan Jenderal yang juga pernah  dua kali menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Bang Yos, demikian dia biasa disapa, tercatat sebagai Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Sementara Wiranto merupakan Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Wiranto juga merupakan seorang Purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir Jenderal. Mantan Panglima TNI ini juga pernah menjabat sebagai Menteri Pertahanan dan Keamanan (Menhankam) di era Presiden Soeharto. Dan juga pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik. Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) di era Presiden Aburrahman Wahid.

Kini setelah menduduki jabatan sebagai Ketua Umum Partai Hanura, Wiranto dipercaya kembali untuk menjabat sebagai Menko Polhukam menggantikan Luhut Panjaitan.

Menteri yang direshuffle direncanakan akan dilantik siang ini di Istana Negara Jakarta.

Sebelum diperkenalkan dan akan dilantik siang nanti, Wiranto lebih dahulu memberikan pesan ‘pamitan’ kepada para kader Hanura. Para pembantu presiden memang selama ini diminta meninggalkan jabatan di partai.

Wiranto mengatakan akan ada rapat DPP dalam waktu dekat. Di situ, format kepengurusan baru Partai Hanura akan dibicarakan. (ts)

BACA JUGA  Sedulur Jokowi Suka Bobby Dekat dengan Ulama