9.081 Narapidana Tanjung Gusta Dapat Remisi HUT Kemerdekaan

572
Sekda Provsu Hasban Ritonga saat menyerahkan SK Remisi bagi narapidana di Lapas Tanjung Gusta Medan, Sumatera Utara. (tobasatu.com)

tobasatu.com, Medan | Sebanyak 9.081 narapidana di Lapas Klas I Tanjung Gusta Medan, Sumatera Utara, mendapatkan remisi dalam rangka HUT ke-71 Republik Indonesia.

Penyerahan SK Remisi dilakukan Gubernur Sumut HT Erry Nuradi melalui Sekda Provsu Hasban Ritonga, Rabu (17/8/2016).

Turut mendamping pada acara penyerahan SK Remisi Umum, Kakanwil Kemenkumham Sumut Maroloan Jonnis Baringbing, S.H., M.H.,  mewakili Kapolda Sumut, Pangdam I/BB, Kajati Sumut, Kepala BNN dan para Kepala SKPD Provsu.

Dari jumlah 9.081 napi, sebanyak 8.675 orang napi mendapat Remisi Umum dan masih tetap menjalankan sisa pidananya. Sedang 406 orang yang mendapatkan Remisi Umum dan bebas pada tanggal 17 Agustus 2016.

Menteri Hukum dan Hak Asisi Manusia RI Yasonna H Laoly dalam sambutan dibacakan Sekdaprovsu H Hasban Ritonga mengatakan bahwa remisi adalah merupakan salah satu hak yang dimiliki Warga Binaan Permasyarakatan  yaitu hak mendapatkan pengurangan masa menjalani pidana.

“Mereka yang melakukan pelanggaran peraturan tata tertib tidak akan mendapatkan remisi,” ujarnya.

Dikatakannya melalui remisi juga dapat mempercepat proses kembalinya narapida dalam kehidupan masyarakat.

Percepatan kembalinya narapidana dalam kehidupan masyarakat juga akan memperbaiki kualitas hubungan antara narapidana dan keluarganya.

Untuk mendukung program pencegahan dan pemberantasan peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba di dalam lapas dan rutan, Menkumham mengeluarkan Instruksi Menkumham Nomor M.HH-02.OT.03.01 Tahun 2016 tentang penanganan terhadap penyalahgunaan Narkoba di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM, dan implementasi Surat Edarat Menkumham Nomor M.HH-01.PK.01.06.10 Tahun 2016 dalam upaya mewujudkan Zero Narkoba dan Handphone.

“Saya perintahkan kepada seluruh jajaran permasyarakatan untuk melakukan pengawasan dan pembinaan secara terus-menerus, melalui koordinasi aktif dengan para stakeholder sehingga semua lapas dan rutan menuju kondis zero narkoba dan handphone,” tegasnya. (ts-02)

 

BACA JUGA  11.797 Warga Binaan LP di Sumut Dapat Remisi, 544 Diantaranya Bebas
Loading...
loading...