Budi Gunawan Jadi Kepala BIN, Ada 2 Jenderal di Tubuh Polri

1080
Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan. (tobasatu.com/ist)

tobasatu.com, Jakarta | Presiden Jokowi resmi melantik Budi Gunawan sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jumat (9/9/2016) sore. Dalam kesempatan itu, Presiden juga menaikkan pangkat mantan Wakapolri yang sempat diajukan sebagai calon Kapolri itu sebagai Jenderal Bintang Empat.

Dengan demikian saat ini, terdapat 2 Jenderal di institusi Polri. Selain Budi Gunawan yang baru saja mendapat kenaikan pangkat, Jenderal lainnya adalah Kapolri Tito Karnavian. Selama ini diketahui hanya ada satu Jenderal di tubuh Polri.

Menurut Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar, naiknya pangkat Budi Gunawan menjadi jenderal merupakan hal yang biasa. Sebab Budi Gunawan merupakan perwira tinggi Polri yang ditugaskan sebagai pimpinan lembaga negara.

“Status polisi tetap belum pensiun. Purnawirawan masih tahun depan. Desember akhir. Dia Pati yang mendapat tugas sebagai pimpinan lembaga negara,” kata Boy usai menghadiri pelantikan Budi Gunawan sebagai Kepala BIN di Istana Negara, Jakarta, Jumat (9/9/2016).

Boy mengatakan dengan naiknya pangkat Budi Gunawan menjadi Jenderal tersebut tak masalah di institusi Polri. Sebab Budi Gunawan mengenakan pangkat jenderal bertugas di institusi lain selain Polri.

Terlebih, dia mengatakan adanya dua Jenderal di Polri pernah terjadi, dimana terjadi saat Jenderal Sutarman dicopot oleh Presiden Jokowi dari posisi Kapolri dan belum pensiun.

“Untuk ada dua jenderal di Polri yang masih aktif. Pernah, seperti Pak Sutarman pensiun, masih 8 bulan lagi aktif,” ujarnya.

Seperti diketahui, usai dilantik menjadi Kepala BIN, Budi Gunawan terlihat mengenakan pangkat bintang empat di pundaknya.

‚ÄúPertama-tama Alhamdulillah hari ini saya sudah secara resmi menjadi Kepala BIN sekaligus dinaikkan pangkat menjadi jenderal polisi bintang empat,” kata Budi Gunawan usai dilantik Presiden Jokowi. (ts-02/mdk)

BACA JUGA  Dipilihnya Sutiyoso Sebagai Kepala BIN Harus Objektif
Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here