Ribuan Murid SD di Medan Selayang Ramaikan Hari Cuci Tangan Sedunia

1454
Murid TK dan SD di Kecamatan Medan Selayang ikut meramaikan Hari Cuci Tangan Sedunia tingkat Provinsi Sumut. (tobasatu.com/T Bobby Lesmana).

tobasatu.com, Medan | Tak kurang dari 1.500 anak dari Sekolah Dasar dan Taman Kanak-Kanak dari Kecamatan Medan Selayang Medan hadir pada hari yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tanggal 15 Oktober sebagai Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS), Senin (24/10/2016).

Kegiatan tersebut digelar Dharma Wanita Tingkat I Provinsi Sumatera Utara bekerja sama dengan Batalyon Kavaleri 6 (YonKav) Karimata Medan, Dinas Kesehatan Sumut, Heartindo dan Yayasan Unilever Indonesia.

Hari Cuci Tangan Sedunia tingkat Provinsi Sumut dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumut, Ny Evi Diana. (tobasatu.com/T Bobby Lesmana).
Hari Cuci Tangan Sedunia tingkat Provinsi Sumut dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumut, Ny Evi Diana. (tobasatu.com/T Bobby Lesmana).

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumut, Ny Evi Diana dalam kesempatan itu menyatakan menyambut baik akan acara rutin ini. Dia berharap kebiasaan untuk hidup bersih dan sehat dapat dijaga dan diteruskan.

Sebelumnya  dr.Retno SD. MKes selaku Kabid Pelayanan Kesehatan (YanKes) mewakili Kepala Dinas Kesehatan Sumut mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 1500 murid SD dan TK di Kecamatan Selayang.

Pada kesempatan yang sama, Ny. Syamsul Arifin selaku Ketua Persit  Kartika Chandra Kirana (KCK) Yonkav 6 Serbu yang didampingi suaminya Mayor (Kav) Syamsul Airfin selaku tuan rumah acara ini mengatakan bahwa anak anak adalah harapan bangsa, kita harus memberikan contoh yang baik kepada mereka sehingga mereka pun nantinya akan memberikan hal yang baik kepada kita dan lingkungannya.

Ibu Evi Diana bersama rombongan Dharma Wanita Pempropsu dan ibu-ibu Persit KCK melakukan pledging dan mencuci tangan pakai sabun di air yang mengalir bersama dengan anak-anak murid dipandu oleh para dokter kecil. (tobasatu.com/T Bobby Lesmana).
Ibu Evi Diana bersama rombongan Dharma Wanita Pemprovsu dan ibu-ibu Persit KCK melakukan pledging dan mencuci tangan pakai sabun di air yang mengalir bersama dengan anak-anak murid dipandu oleh para dokter kecil. (tobasatu.com/T Bobby Lesmana).

Setelah mengikuti beberapa rangkaian kata sambutan dan hiburan dari anak-anak SD Medan Selayang, Ibu Evi Diana bersama rombongan Dharma Wanita Pempropsu dan ibu-ibu Persit KCK melakukan pledging dan mencuci tangan pakai sabun di air yang mengalir bersama dengan anak-anak murid dipandu oleh para dokter kecil.

Kegiatan mencuci tangan merupakan suatu kegiatan yang dianggap sebagian besar orang adalah suatu pekerjaan sepele, sehingga terkadang kegiatan ini acap diabaikan. Kegiatan mencuci tangan adalah suatu kegiatan yang ringan dilakukan, akan tetapi memiliki efek dan manfaat yang sangat besar bagi kesehatan.

BACA JUGA  Siswa SD di Medan Peringati Hari Cuci Tangan Sedunia

Sebagaimana diketahui oleh kalangan Kesehatan dan Medis bahwa salah satu tujuan dari kampanye ini adalah penurunan angka kematian untuk anak-anak dimana lebih dari 5000 anak balita penderita diare meninggal setiap harinya diseluruh dunia sebagai akibat dari kurangnya akses pada air bersih dan fasilitas sanitasi dan pendidikan kesehatan. (ts-09)