Perjanjian Bebas Visa Diplomatik Indonesia-Armenia Ditandatangani

569

tobasatu.com | Indonesia-Armenia menandatangani perjanjian pemberian bebas visa bagi pemegang paspor diplomatik dan dinas yang akan berkunjung ke Armenia. Perjanjian kerja sama dilakukan di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Selasa (1/11/2016).

Kedatangan Menteri Luar Negeri Armenia, Edward Nalbandian, disambut oleh Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno LP Marsudi.

“Pada kesempatan ini kami menandatangani beberapa perjanjian baru dalam rangka mempererat hubungan kerjasama kedua negara,” kata Menlu Retno.

Pertemuan bilateral Indonesia-Armenia membahas beberapa isu internasional, yang berujung pada penandatanganan tiga MoU baru. Salah satunya adalah pemberian bebas visa bagi pemegang paspor diplomatik dan dinas yang akan berkunjung ke Armenia.

“Terima kasih Ibu Retno. Saya sangat senang dapat kembali berkunjung ke Indonesia dan dapat mempererat hubungan kerjasama yang lebih berfokus pada people-to-people. Saya dan Ibu Retno telah saling memahami bagaimana pentingnya memperkuat kerjasama antar kedua negara, seperti dalam bidang pertukaran budaya, perdagangan, isu internasional, dan pendidikan,” ujar Nalbandinan.

Selain itu, Menlu Armenia juga menandatangani dokumen perjanjian bersama dengan Menteri Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, Muhammad Nasir, di bidang pendidikan. “Saat ini ada dua mahasiswa Armenia yang mendapatkan beasiswa untuk belajar di Indonesia. Kerjasama ini akan terus dikembangkan ke depannya,” kata Menlu Retno.

Menanggapi hal tersebut, Nalbandian menyatakan bahwa ia merasa senang dengan adanya kerjasama di bidang pendidikan tersebut, dan menganggap bahwa ini dapat menjadi jalan terbukanya pintu kesempatan menjalin hubungan yang lebih mendalam antara Indonesia dan Armenia di masa depan.

“Kami ingin terus meningkatkan hubungan diplomatis ini. Karena itu saya ingin mengundang Ibu Retno untuk datang mengunjungi Armenia. Kami akan sangat senang mendapatkan kunjungan beliau,” ujar Nalbandian menutup pidatonya.  (ts-04)

Loading...
loading...