Pemprov Diminta Alokasikan Anggaran untuk Pengungsi Sinabung

382
Anggota Komisi D DPRD Sumatera Utara Baskami Ginting. (tobasatu.com)

tobasatu.com, Medan | Pemerintah Provinsi Sumatera Utara diminta mengalokasikan anggaran untuk pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung di dalam Perubahan APBD 2016 dan Rancangan APBD 2017. Hal ini mengingat beberapa waktu terakhir gunung berapi yang terletak di Kabupaten Karo itu terus mengalami peningkatan erupsi.

“Beberapa waktu terakhir intensitas Gunung Sinabung terus meningkat, erupsi juga beberapa kali terjadi, yang mengakibatkan warga terpaksa tetap menempati tepat-tempat pengungsian,” tutur Anggota Fraksi PDI Perjuangan Baskami Ginting, Selasa (15/11/2016).

Menurut Baskami, usulan itu sebelumnya juga sudah disampaikan Fraksi PDIP kepada Gubernur lewat pandangan umum fraksi, yang dibacakan saat paripurna dengan agenda penyampaian pandangan umum fraksi atas pengantar Nota Keuangan Gubernur Terkait Perubahan APBD 2016, yang berlangsung Senin (14/11/2016) kemarin.

Menurut Baskami, Pemprov terkesan belum serius memberikan perhatian kepada korban pengungsi Sinabung dalam bentuk pengalokasian anggaran.

Untuk itu, kata Baskami, Fraksi PDI Perjuangan mengharapkan Pemprovsu dapat mengalokasikan minimal 1 persen dari APBD untuk pengurangan resiko bencana atau untuk menghadapi prabencana dan angara tersebut sudah diluar kondisi darurat.

“Kita juga usulkan agar bantuan untuk korban erupsi Gunung Sinabung ini agar dapat ditampung dalam P-APBD 2016 dan R-APBD 2017, agar dapat dialokasikan anggaran yang dimaksud pada program bantuan dan pemulihan terhadap korban erupsi Gunung Sinabung,” tutur Baskami. (ts-02)

BACA JUGA  Jangan Ada Lagi Industri yang Cemari Danau Toba
Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here