Menikmati Sunset di Pantai Barat Tapanuli Tengah, Tertarik Mencoba?

2868
Indahnya sunset di Pantai Indah Kalangan di Tapanuli Tengah. (tobasatu.com/Hasanul Jihadi).

tobasatu.com, Tapanuli Tengah | tidak berlebihan rasanya jika keindahan pantai yang terbentang luas di negeri maritim ini dikatakan sebagai perwujudan surga dunia. Mesti banyaknya tempat destinasi wisata yang indah di Indonesia, namun karena belum banyak terpublikasi menyebabkan kita bosan dan hanya mengetahui yang itu-itu saja, bahkan tidak sedikit warga negara kita harus merogoh kocek yang dalam hanya untuk menikmati keindahan pantai di luar negeri.

Nah, jika kamu bertandang ke Kabupaten Tapanuli Tengah Provinsi Sumatera Utara, tentu saja kamu tidak boleh melewatkan keindahan pantai dengan suasana romantis bersama pasangan, atau sekedar menikmati keindahan senja bersama orang-orang terdekat, Pantai Indah Kalangan adalah jawabannya.

Keindahan pantai di kawasan Pantai Barat Tapteng ini tak kalah dengan objek wisata nasonal lainnya. (tobasatu.com/Hasanul Jihadi).
Keindahan pantai di kawasan Pantai Barat Tapteng ini tak kalah dengan objek wisata nasonal lainnya. (tobasatu.com/Hasanul Jihadi).

Sore yang hangat itu, duduk dihamparan pasir putih pantai tidak lengkap rasanya jika tidak ditemani secangkir kopi hitam. Suara angin yang terdengar memecah ombak seakan mengembalikan mood yang mulai menurun. Berjarak sekitar 373 km dari arah selatan pusat Kota Medan Sumatera Utara dengan perjalanan darat yang ditempuh selama 11 jam dipastikan setimpal membayar rasa lelah anda.

Harga tiket masuk yang dibebankan kepada setiap pengunjung pantai pun cukup terjangkau. Setiap pengunjung yang masuk dikenakan biaya Rp 5.000. Harga tersebut belum termasuk harga parkir, karena setiap kendaraan yang masuk dikenakan biaya Rp5.000, dan Rp 10.000 bagi kendaraan yang akan menginap. Jika kamu ingin berteduh pengelola juga sudah menyiapkan tenda-tenda sederhana dengan uang sewa hanya Rp 20.000 saja.

Terdapat sejumlah pantai yang indah di kawasan Pantai Barat Tapanuli Tengah. (tobasatu.com/Hasanul Jihadi).
Terdapat sejumlah pantai yang indah di kawasan Pantai Barat Tapanuli Tengah. (tobasatu.com/Hasanul Jihadi).

Tak sedikit pula orang yang memilih untuk mendirikan kemah di sekitar pantai. Tersedianya beberapa fasilitas yang dibutuhkan seperti toilet, parkir 24 jam, serta warung makan membuat pengunjung semakin betah berlama-lama menikmati keindahan pantai ini, bahkan tidak jarang tempat wisata ini kerap dijadikan sebagai tempat pengambilan foto untuk prawedding wisatawan lokal.

Pengunjung yang tampak memadati lokasi Pantai Kalangan itu, tidak hanya berasal dari Sibolga, Tapteng, Padang Sidempuan, tetapi juga warga dari Medan, Jakarta, padang, Kalimantan dan daerah lainnya.

“Pantainya sungguh indah, tempat yang pas buat liburan keluarga karena belum begitu ramai juga, buat obrolan kami jadi lebih santai tentunya” ujar Habibi Quinsya salah satu wisatawan asal kota Medan, pada tobasatu.com Jumat (18/11/2016).

Sebenarnya tidak sedikit tempat wisata bibir pantai di wilayah ini,  namun yang populer adalah pantai Pandan dan pantai Indah Kalangan yang hanya berjarak lebih kurang 2 km.

Sibolga yang notabene sebagai ibukota kabupaten Tapanuli tengah berada di pantai barat Sumatera tepatnya di provinsi Sumatera Utara. Keberadaaan Sibolga dan Tapanuli tengah menciptakan tanah Pesisir Barat Sumatera berjuta keindahan sunset tercipta setiap harinya. Salah satu ciri khas keindahan yang dimiliki Sibolga dan Tapanuli tengah, kita bisa menikmati keindahan dan hangatnya sentuhan sunset dikala senja.

Berikut beberapa tempat di wilayah Tapanuli Tengah untuk menikati matahari tenggelam (sunset) diantaranya :

  • Pantai Pandan Tapanuli tengah
  • Pantai Bosur Tapanuli tengah
  • Pantai Kalangan Tapanuli tengah
  • Pantai Ujung Sibolga
  • Pantai Pelabuhan Lama
  • Pantai Binasi Sorkam Tapanuli tengah
  • Pantai Pandaratan Pondok Batu Tapanuli tengah
  • Pelabuhan Sibolga
  • Tanggo Seratus Sibolga
  • Pantai Mela. (ts-06)