Ranperda Perangkat Daerah Disahkan, Terdapat 25 SKPD dan 5 Badan di Pemko Medan

1186
Gedung DPRD Medan. (tobasatu.com)

tobasatu.com, Medan | DPRD Kota Medan mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Perangkat Daerah, Rabu (14/12/2016). Dengan demikian, saat ini struktur Pemerintahan Kota Medan terdiri dari 25 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan 5 Badan.

Pengesahan Ranperda Perangkat Daerah Kota Medan dilakukan Ketua DPRD Kota Medan  Henry Jhon Hutagalung, didampingi Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Ramli (Golkar) dan Ihwan Ritonga (Gerindra) dalam rapat paripurna di Gedung Dewan.

Ketua Pansus Ranperda Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah DPRD Medan Bahrumsyah dalam kesempatan itu mengatakan dalam melakukan pembahasan terkait ranperda tersebut, pihaknya telah melakukan rapat-rapat internal dan rapat dengan Pemko Medan.

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan konsultasi ke Kemendagri dan ke Kantor DPRD Bandung dan melanjutkan pembahasan terkait data-data yang disajikan dalam naskah akademik di ranperda tersebut dengan memanggil berapa SKPD terkait.

“Akhirnya pada 13 Desember 2016 pihaknya melakukan rapat finalisasi guna menyimpulkan hasil pembahasan dan penyatukan persepsi untuk disampaikan pda rapat paripurna hari ini terkait materi Ranperda tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah yang diajukan Pemkot Medan,” katanya.

Disebutkan politisi PAN itu, setelah sempat beberapa kali tertunda pengesahannya, akhirnya menetapkan susunan perangkat daerah sebanyak 25 satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan 5 badan.

“Dalam rapat paripurna ini, kami sampaikan bahwa susunan perangkat daerah menjadi 25 SKPD dan 5 badan, yang diputuskan berdasarkan kebutuhan daerah Kota Medan ini,” katanya.

Dalam putusan tersebut, Bahrum menyampaikan, bahwa dinas-dinas yang masuk tipe A tersebut seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Dinas Kebakaran, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak.

Kemudian, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas Perhubungan, Dinas Kominfo dan Persandian, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dispora, Dinas Pustaka dan Kearsipan.

BACA JUGA  [Galeri Foto] - Kegiatan Pembukaan Festival Kuliner Kota Medan Tahun 2019

Sedangkan untuk tipe B Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Dinas Perumahan, kawasan Permukiman dan Penataan Ruang, Dinas Pariwisata, Dinas Koperasi UKM, Dinas Pertanian dan Perikanan, Dinas Perindustrian dan Dinas Perdagangan. Untuk Dinas tipe C yakni Dinas Sosial dan Dinas Kebudayaan.

Terakhir, untuk badan, terdiri atas, Badan Perencana Pembangunan Daerah, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Badan Pengelolaan Keuangan Daerah dan selanjutnya Badan Pengelola Pajak Daerah.

Menyetujui

Sementara, sembilan fraksi yang ada di DPRD Medan menyetujui pembentukan Ranperda Susunan Perangkat Daerah menjadi Perda.

Ketua Fraksi Golkar, Ilhamsyah menyebutkan agar dengan dibentuknya perda susunan perangkat daerah ini diharapkan agar pelaksanaan roda pemerintahan berjalan sesuai tupoksinya guna mewujudkan pembangunan kota Medan yang berdaya guna dan berhasil guna. Bukan semata-mata ajang bagi kekuasaan.

“Di dalam perjalanan Pemko Medan ini nantinya, harus senantiasa dilakukan evaluasi yang sistematis terhadap kinerja SKPD yang tidak mampu menjalankan tupoksinya dengan baik,” pungkasnya.

Sementara Wali Kota Medan Dzulmi Eldin mengatakan setelah disetujuinya Ranperda itu maka selanjutnya pihaknya wajib menyampaikan renperda tersebut kepada gubernur sebagai wakil pemerintah pusat untuk mendapatkan nomor registrasi.

Setelah nomor registrasi diberikan gubernur kepada wali kota, maka selanjutnya pihaknya akan tetapkan dan undangkan dalam lembaran daerah Kota Medan.

“Akhirnya atas nama Pemkot Medan kami menyampaikan terimakasih dan apresiasi setingginya kepada DPRD yang yang telah meluangkan waktu membahas ranperda yang kami ajukan ini,” katanya. (ts-02)

Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here