Hiddink, Klinsmann, dan Rijkaard Dibidik Jadi Pelatih Timnas Indonesia

847

tobasatu.com | PSSI merencanakan menunjuk pelatih baru bagi timnas. Kepelatihan Alfred Riedl pungkas pada akhir Desember 2016. Nama-nama mulai dari Jurgen Klinsmann, Frank Rijkaard hingga Guus Hidding menjadi opsi.

PSSI menampung saran dan ide dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tentang usulan mendatangkan pelatih kaliber dunia pembesut timnas Garuda. Wakil Ketua Umum PSSI Djoko Driyono mengatakan, federasi nasional menampung semua sumbangsih pikiran tentang kemajuan timnas.

Namun, Djoko mengatakan, persoalan kepelatihan timnas, ada di ranah federasi nasional. “Kami sangat terbuka dengan saran. Apalagi dari Menpora. Tapi ini (persoalan pelatih) kewenangan federasi ya,” ujar dia, Kamis (22/12/2016).

Menpora Imam Nahrawi, Selasa (20/12/2016) menyarankan agar PSSI mendatangkan kepelatihan anyar di timnas Garuda. Menteri dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengatakan, agar PSSI mendatangkan pelatih berkaliber dunia. “Guus Hiddink misalnya,” ujar dia. Menurut Imam, sudah waktunya bagi timnas dilatih oleh pelatih papan atas.

Jika Menpora Imam mengusulkan mantan pelatih timnas Rusia dan Belanda itu, Djoko dalam keinginannya agar PSSI mengontrak mantan pelatih timnas Amerika Serikat (AS) Jurgen Klinsmann. Selain itu, ada juga mantan pelatih FC Barcelona, Frank Rijkaard. “Ada Jurgen Klinsmann yang sukses melatih Amerika. Ada juga Frank Rijkaard,” kata dia. (ts-04)

BACA JUGA  Sah!! Kompetisi ISL Digulirkan 26 Maret, Ada Tim yang Ganti Nama