Ambil Alih Pengelolaan KMP Ferry Roro, Dishub Sumut Ditarget PAD Rp1,7 M

547
Ilustrasi KMP jenis Ferry Roro. (tobasatu.com/ist)

tobasatu.com, Medan | Komisi C DPRD Sumut merekomendasikan kepada Pemprovsu agar pengoperasional KMP (Kapal Motor Penumpang) jenis Ferry Roro  yang beroperasi di kawasan Danau Toba,  dikembalikan pengelolaannya ke Dishub (Dinas Perhubungan) Provsu, karena semenjak ditangani PT PPSU (Pembangunan Prasarana) Sumut PAD (Pendapatan Asli Daerah) yang disetorkan ke Pempropvsu sangat minim hanya  sebesar Rp965 juta.

Hal itu diungkapkan anggota Komisi C DPRD Sumut H Muhri Fauzi Hafis, SE kepada wartawan, Selasa (17/1/2017) di DPRD Sumut seusai melakukan rapat dengar pendapat dengan Dishub Provsu membahas peningkatan PAD di Sumut.

Muhri meyakini, jika Ferry Roro dikelola Dishub Provsu, akan jauh lebih efektif menghasilkan PAD , kalau  dibandingkan dengan yang dikelola  perusahaan milik daerah PT PPSU yang hanya sanggup menyetorkan PAD sebesar Rp965 juta. Sedangkan Dishub bisa menyetor PAD ke Pemprovsu sebesar Rp1,7 miliar.

“Dengan dasar tersebut, Komisi C merekomendasikan agar Kapal Ferry tersebut diserahkan kembali pengelolaanya kepada Dishub Provsu, karena bisa menyetor ke PAD lebih signifikan, ketimbang kapal Ferry dikelola PT PPSU, setorannya ke PAD sangat minim,” ujar politisi Partai Demokrat Sumut itu.

Perlu diketahui, tambah anggota dewan Dapil  Kabupaten Langkat dan Kota Binjai ini, berdasarkan data yang diperoleh pada rincingan anggaran pembiayaan atau kegiatan pemerintahan pada di R-APBD Sumut TA 2017, tercatat biaya operasional Ferry Roro kawasan Danau Toba sebesar Rp 995 juta. Padahal pemasukan atau pendapatan dari retribusi kapal, hanya sebesar Rp200 juta.

Dengan demikian,  Muhri Fauzi berharap kepada Dishub Provsu untuk segera mempersiapkan langkah-langkah untuk pengoperasian kembali Kapal Ferry Roro di instansi perhubungan tersebut, bertujuan menghindari tumpang tindih pelaksanaan dan pengalokasian anggaran. (ts-02)

BACA JUGA  Dua Kali Digolkan KPK, Gubernur Sumut Jangan Sampai ‘Hattrick’
Loading...
loading...