RS USU Sukses Gelar Operasi Multi Disiplin Kedokteran

1620
Pasien rujukan asal Siantar yang sukses menjalani operasi multi disiplin di RS USU, Medan, Kamis (19/1/2017). (tobasatu.com)

tobasatu.com, Medan | RS USU mencatat sejarah baru karena berhasil menyelamatkan nyawa seorang pasien lewat operasi multi disiplin yang melibatkan Departemen Obgyn, Departemen Kardiologi, Departemen Penyakit Dalam dan Departemen Anestesi, Kamis (19/1/2017).

Informasi diperoleh tobasatu.com, pelaksanaan operasi multi disiplin ilmu itu dilakukan terhadap pasien ginekologi untuk jenis pengangkatan seluruh rahim rujukan dari Kota Pematangsiantar atas nama KN.

Pasien itu berdasarkan keterangan sudah mengalami pendarahan selama lebih kurang 5 (lima) tahun. Bahkan akibat dari pendarahan itu, pasien dimaksud pernah hanya memiliki HB 2 gram persen yang berdasarkan medis sudah merupakan angka yang sangat fatal.

Selain itu, pasien itu memiliki penyakit jantung dan kelainan darah sehingga pelaksanaan operasi yang dipimpin langsung Dr dr M Fidel Ganis Siregar, M.Ked (OG), SpOG (K) yang merupakan konsultan Fertilitas dan Endokrinologi Reproduksi, spesialis Obsterti dan Ginokologi. Operasi itu sendiri tergolong operasi yang berat mengingat pengangkatan rahim seluruhnya dari dalam tubuh pasien.

Dr dr M Fidel Ganis Siregar saat ditemui Kamis (19/01/2017) di RS USU didampingi  Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan RS USU Dr.dr Nazaruddin Umar, Sp.An,KNA usai melihat kondisi pasien pasca operasi Rabu (18/01/2017) menjelaskan, dalam operasi itu, pihaknya juga melibatkan banyak Departemen lain mengingat kondisi pasien. Apalagi riwayat panjang penyakit yang dimiliki pasien berdasarkan catatan  rekam medik si pasien sejak awal dirawat di Kota Pematangsiantar, bahkan sudah diobati dan akhirnya disarankan untuk operasi.

“Syukur Alhamdulillah, pasien dapat kita tangani dengan baik berkat kerjasama yang baik dengan seluruh rekan sejawat,’’ terangnya.

Disebutkan Dr dr M Fidel Ganis Siregar, hal ini membuktikan jika harapan dari Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Prof Mohammad Nasir saat meresmikan Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (RS USU) yang berlokasi di Jl. Dr Mansyur depan kampus USU Medan, Senin (09/01/2017), agar Rumah Sakit USU memberikan pelayanan maksimal sehingga membuat pasien merasa nyaman dan bisa menjadi rumah sakit pilihan masyarakat tanpa harus keluar negeri, terwujud.

BACA JUGA  RS USU Miliki Poli Nefrologi dan Hipertensi

“Operasi dengan melibatkan ilmu Kedokteran multi disiplin ini menunjukkan bahwa kita (RS USU) sudah mampu untuk menangani kasus besar dan kita berharap pasien tidak perlu lagi melakukan operasi keluar negeri,’’ urainya.

Pria yang juga menjabat Wakil Rektor II USU itu kemudian menyebutkan, akreditasi paripurna bintang lima di RS USU merupakan satu tolak ukur agar pelayanan pasien dan peningkatan mutu memiliki standar.

“Ini salah satu usaha rumah sakit untuk upaya pelayanan. Sekarang di Sumatera Utara ada 40 rumah sakit yang sudah mendapatkan akreditasi, tetapi baru 10 rumah sakit yang meraih akreditasi paripurna. USU adalah yang kesembilan,”  urai Fidel Siregar. (ts-17)