DPRD Ingatkan PT Bank Sumut Jangan Berikan “Angin Sorga” ke Gubsu

445
RUPS LB PT Bank Sumut, Rabu (25/1/2017). (tobasatu.com)

tobasatu.com, Medan | Anggota Komisi C DPRD Sumatera Utara Muslim Simbolon, mengingatkan Direktur Utama (Dirut) dan jajaran Dewan Komisaris (Dekom) PT Bank Sumut agar jangan memberikan “angin sorga” kepada Gubernur Tengku Erry Nuradi dengan menyebut sukse menekan NPL  (non performing loan) menjadi 4,68%, serta pencapaian laba bruto (unaudited) yang mampu menembus Rp815,8 miliar pada tahun 2016.

Muslim Simbolon yang juga politisi Partai Amanat Nasional itu menyebutkan, penurunan NPL PT Bank Sumut menjadi 4,68 persen lebih disebabkan adanya ‘write off’ (penghapus bukuan) sebesar Rp325 miliar yang dilaksanakan pada tahun 2016 lalu.

“Jadi NPL turun bukan karena prestasi, tapi karea adanya pemberlakuan write off,” tutur Muslim Simbolon kepada wartawan di Gedung DPRD Sumut Jalan Imam Bonjol Medan, Rabu (25/1/2017), menanggapi laporan jajaran Dekom PT Bank Sumut tentang kinerja bisnis Bank Sumut tahun 2016 yang menggembirakan, terutama pencapaian laba bruto (unaudited) yang mampu menembus Rp815,8 miliar.

Perlu diketahui, kata anggota Fraksi PAN tersebut, jika PT Bank Sumut pada saat itu tidak melakukan “write off”, NPL-nya atau kredit bermasalahnya tetap tinggi mencapai 7 % lebih, sehingga kepercayaan masyarakat terhadap perbankan kebanggaan Sumut itu bisa menurun dan tentunya akan mempengaruhi operasionalnya.

“Jadi pencapaian laba serta menurunnya NPL bukan keberhasilan jajaran Direksi PT Bank Sumut seperti yang disampaikan Dekom Rizal Fahlevi yang didampingi Komisaris Independen Brata Kesuma, Komisaris Hendra Arbie dan Dirut Bank Sumut Edie Rizliyanto kepada Gubsu,” tegas Muslim Simbolon.

Bahkan Muslim mempertanyakan kinerja jajaran Direksi PT Bank Sumut yang terkesan kurang mampu  menurunkan NPL pada tahun 2016 tanpa melakukan write off, karena tingginya NPL merupakan salah satu indikator kunci untuk menilai kinerja fungsi bank, diantaranya sebagai lembaga intermediasi atau penghubung antara pihak yang memiliki kelebihan dana dengan pihak yang membutuhkan dana.

BACA JUGA  Ketua DPRD Sumut Tegur Anggota Dewan Pemalas Penyebab Paripurna Tidak Kuorum

“Kalau jajaran direksi hanya mampu menekan NPL dengan cara melakukan write off, tentunya siapapun tahu,” ujar Muslim sembari meminta Gubsu untuk lebih jeli melihat kinerja jajaran Direksi maupun Dekon PT Bank Sumut, agar BUMD Sumut ini benar-benar bisa eksis.

Bahkan Muslim kembali mengigatkan Gubsu agar lebih selektif menerima laporan jajaran Dekom dan Dirut PT Bank Sumut, sebab lembaga legislatif dan eksekutif ingin menjadikan keberadaan PT Bank Sumut ini menjadi  bank yang paling “Paten” se-Indonesia.

“Kita tidak menginginkan keberhasilan  “angin sorga”, tapi kita benar-benar menginginkan Bank Sumut menjadi salah satu bank yang paling “Paten” di Indonesia,” katanya. (ts-02)

Loading...
loading...