TNI AL Amankan Sembilan Imigran Bangladesh

982
Sembilan imigran asal Banglades yang diamankan petugas TNI AL Dumai. (foto : tobasatu.com/ ist).

tobasatu.com, Belawan I Sembilan warga negara asing asal Bangladesh, diamankan petugas Lanal Dumai, di Pantai Pulau Payung (sebelah barat Pulau Rupat), Jumat petang (03/03/2017).

Informasi yang diperoleh dari Mayor Laut S.Sinaga Kepala Dinas Penerangan Pangkalan Utama TNI AL-1 di Belawan menyebutkan, kesembilan warganegara asal Banglades tersebut diamankan, ketika sedang beraktivitas mencurigakan di Pantai Pulau Payung.

Setelah dilakukan interogasi terhadap imigran Banglades tersebut, diperoleh keterangan bahwa mereka menggunakan pesawat udara dari Jakarta, menuju ke Pekan Baru, kemudian menuju ke Dumai dan setiba di Dumai, mereka ke pantai Pulau Payung dengan alasan berwisata.

Namun saat diamankan, mereka sedang merencanakan mencari speed boat untuk menyeberang ke Malaysia, melalui Selat Rupat.

Masih menurut keterangan Kadispen Lantamal-1 di Belawan, para kesembilan imigran asal Banglades ini, memilih ke Malaysia via Indonesia secara ilegal, karena pihak Malaysia secara legal menolak dan membatasi masuknya WNA asal Bangladesh.

Hasil penggeledahan terhadap kesembilan imigran Banglades tersebut, tidak ditemukan barang-barang berbahaya, namun identitas yang dimiliki mereka hanya berupa passport tanpa visa.

Guna pengusutan lebih lanjut, sebelum diserahkan ke kantor Imigrasi Kelas 1 Dumai, ke sembilan imigran gelap asal Banglades tersebut, diamankan ke TNI AL Sungai Dumai.(ts – 14)

BACA JUGA  Lima Imigran Gelap Diamankan dari Jalan KL Yos Sudarso Medan