Syahbandar Utama Belawan Amankan Kapal Tug Boat Milik Pertamina

484
Kapal Tug Boat MT.Rupat-I milik BUMN Pertamina diamankan di dermaga KPLP Belawan (foto : tobasatu.com/ lee).

tobasatu.com, Belawan | Syahbandar Utama Belawan, mengamankan satu unit  kapal tunda MT. Rupat- I milik Pertamina di Belawan baru lalu. Hingga saat ini kapal milik BUMN Pertamina tersebut, diamankan di dermaga Kesatuan Penjagaan Laut & Pantai (KPLP) di Belawan.

Kepala Humas Kantor Syahbandar Utama Belawan, Wasfina ketika dikonfirmasi wartawan, Selasa (18/4/2015), menjelaskan kapal tug boat MT.Rupat-I milik BUMN Pertamina tersebut diamankan di dermaga KPLP Belawan.

Wasfina, Kabag Humas Kantor Syahbandar Utama Belawan.(foto : tobasatu.com/lee).

Menurut Wasfina, kapal tug boat milik Pertamina yang beroperasi di kolam perairan Belawan dan Paluh Kurau tersebut diamankan, karena tidak memiliki dokumen kapal diantaranya, tidak mempunyai Surat Perintah Olah Gerak Berlayar dan tidak memiliki Crew List (surat daftar anak buah kapal).

Wasfina juga mengatakan, sebelum memiliki dokumen-dokumen tersebut, kapal tug boat MT.Rupat-I milik Pertamina ini, untuk sementara diamankan di dermaga KPLP  Belawan dan setelah nantinya memiliki dokumen- dokumen  tersebut baru, diizinkan kembali beroperasi.

Kabag Humas Kantor Syahbandar Utama Belawan ini juga mengatakan, selain kapal MT.Rupat-I milik BUMN Pertmina ini diamankan, petugas kapal patrol KPLP juga ada mengamankan kapal tug boat milik BUMN Pelindo -1 dan kapal tug boat milik swasta.

Dikatakannya, dalam patroli laut yang dilaksanakan, kapal patroli KPLP dari Kantor Syahabandar Utama Belawan ini, tidak pilih kasih dalam melakukan operasinya.

“Setiap ditemukannya kapal – kapal tug boat yang beroperasi di perairan Belawan, tidak memiliki dokumen yang lengkap tetap diamankan,” ungkapnya. (ts – 14)