PDAM Tirtanadi Bangun Lima Infrastruktur di 2017 Guna Tingkatkan Pelayanan

216
PDAM Tirtanadi ketika melakukan sosialisasi kenaikan tarif air di Kecamatan Medan Tembung, Rabu (19/4/2017). (tobasatu.com).

tobasatu.com, Medan | PDAM Tirtanadi akan membangun lima infrastruktur di tahun 2017 ini dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pelanggan.

Demikian disampaikan Kepala Divisi Hubungan Pelanggan PDAM Tirtanadi Sumut, Tauhid Ichyar dalam acara Sambung Rasa Pelanggan sekaligus Sosialisasi Penyesuaian Tarif Air di Aula Kantor Camat Medan Tembung di Jalan Kapten M Jamil Lubis, Rabu (19/4/2017).

Program-program PDAM Tirtanadi Sumut di tahun 2017 ini, ungkap Tauhid, Uprating IPA Sunggal berkapasitas 400 liter/detik berbiaya Rp65 miliar, Uprating IPA Delitua berkapasitas 300 liter/detik berbiaya Rp35 miliar.

Kemudian pembangunan IPA Medan Denai berkapasitas 240 liter/ detik berbiaya Rp66 miliar, pengembangan IP TLM berkapasitas 400 liter/detik berbiaya Rp144 miliar dan pembangunan IPA Paket Pancurbatu berkapasitas 40 liter/detik berbiaya Rp10 miliar.

“Total kapasitas air yang akan dihasilkan dari kelima program itu 1.380 liter perdetik dengan total biaya sebesar Rp320 miliar,” ujar Tauhid.

Meski pada tahun 2016 PDAM Tirtanadi sudah menambah kapasistas 900 liter/detik, ungkap Tauhid, namun belum bisa menjangkau keseluruhan masyarakat pelanggan air di Kota Medan.

Dengan terbangunnya infrastruktur tersebut di tahun 2017 ini, kata Tauhid Ichyar, diharapkan bisa menjangkau seluruh masyarakat pelanggan yang ada di Kota Medan.

Terkait dengan penyesuaian tarif air ini, lanjutnya, sebenarnya PDAM Tirtanadi dibolehkan untuk menyesuaikan tarif air setiap tahun. Tapi hal itu tidak dilakukan oleh PDAM, bahkan PDAM Tirtanadi sudah empat tahun tidak melakukan penyesuaian tarif air, terakhir dinaikkan pada tahun 2013.

Penyesuaian tarif air yang diberlakukan PDAM Tirtanadi Sumut tidak asal-asalan, penyesuaian tarif tersebut berdasarkan Permendagri Nomor 71/2016.

Selain dihadiri Kadiv Hubungan Pelanggan, Tauhid Ichyar, kegiatan Sambung Rasa Pelanggan juga dihadiri Camat Medan Tembung Indra Mulia Nasution, Akademisi Abdul Hakim Siagian, kepala lingkungan di Kecamatan Medan Tembung dan masyarakat pelanggan di Kecamatan Medan Tembung.

Pada kesempatan itu, Camat Medan Tembung, Indra Mulia Nasution mengapresiasi PDAM Tirtanadi yang terlebih dahulu melakukan sosialisasi sebelum melakukan penyesuaian tarif air. Menurutnya banyak keluhan masyarakat yang akan disampaikan melalui acara Sambung Rasa Pelanggan tersebut.

“Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini dapat diterima oleh masyarakat,” ujar Indra Mulia. (ts-02)