Disdukcapil Asahan Baru Bagi 100 lembar e-KTP

887
Sejumlah masyarakat ketika mengantri di ruang pelayanan Disdukcapil Asahan, Kamis (3/5/2017)
Sejumlah masyarakat ketika mengantri di ruang pelayanan Disdukcapil Asahan, Kamis (3/5/2017)

tobasatu.com, Asahan l Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Asahan mulai melayani masyarakat pemohon kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Kendati demikian, dari 9.000 lembar lebih blangko e-KTP yang telah diterima dari pemerintah pusat, baru dibagikan sebanyak 100 lembar kepada masyarakat pemohon e-KTP.

“Yang baru dibagikan hanya sekitar 100 lembar e-KTP. Penerima merupakan pemohon yang yang telah masuk dalam daftar tunggu, pada saat pertama kali program e-KTP diluncurkan,” kata Sektetari Disdukcapil Budi Anshari, di Kisaran Kamis (3/5/2017).

Budi mengatakan, bahwa persediaan blanko e-KTP yang tersedia, akan diprioritaskan bagi masyarakat yang sudah melakukan perekaman pada saat pertama kali program diluncurkan, namun belum menerima e-KTP.

Pihaknya telah menerima sebanyak 9.000 lebih blanko e-KTP pada tahap pertama, pada Selasa (24/4/2017). “Untuk tahap awal, penerima e-KTP yang diprioritaskan adalah pemohon yang telah melakukan perekaman pada saat programe-KTP diluncurkan pada 2012,” katanya.

Budi menjelaskan bahwa kondisi daftar tunggu masyarakat pemohon e-KTP siap cetak saat ini sebanyak 14.500 pemohon. Sementara masyarakat yang telah melakukan perekaman, untuk permohonanan e-KTP sekitar 60.000 pemohon. “Artinya, dari jumlah persediaan blangko e-KTP yang ada, Disdukcapil Asahan masih kurang sekitar 50.000 lebih,” katanya.

Budi mengaku belum bisa memprediksi, pihaknya akan mendapat tambahan blanko e-KTP tahap selanjutnya. “Jika mengacu pada kondisi saat ini, stok blanko e-KTP kita masih kurang. Rencananya, penerimaan blanko e-KTP sekitar Agustus,” katanya.

Kepada masyarakat, Budi mengimbau supaya bersabar untuk mendapatkan e-KTP, mengingat blanko e-KTP yang diterima, sangat terbatas. “Bagi masyarakat yang membutuhkan dokumen data kependudukan, bisa menggunakan resi e-KTP,” tutupnya. (ts-20)

BACA JUGA  Perekaman e-KTP di Disdukcapil Membludak, Pelayanan Kurang Maksimal
Loading...
loading...