Sebulan, Polres Asahan Amankan 36 Tersangka Narkoba

1074
Kapolres Asahan AKBP Kobul Syahrin Ritonga dan jajaran Polres Asahan ketika menunjukkan barang bukti narkoba dalam pemaparan kasus di Polres Asahan, Kisaran Kamis (4/5/2017). (tobasatu.com/Rahmadhika).

tobasatu.com,  Asahan | Polres Asahan berhasil mengamankan sebanyak 36 tersangka yang diduga terlibat dalam peredaran dan penyalahgunaan narkotika. Jumlah itu untuk periode 5 April hingga 4 Meni 2017. Selain para tersangka, sebanyak 32,6 gram sabu sabu dan 27,72 gram ganja juga berhasil diamankan.

“Ada 36 tersangka yang sudah kita amankan dalam satu bulan ini. Artinya, setiap hari ada 1 tersangka yang kita tangkap. Dan ini menunjukkan bahwa, peredaran gelap narkoba di Asahan sudah sangat luar biasa,” kata Kapolres Asahan AKBP Kobul Syahrin Ritonga pada pemaparan kasus di Polres Asahan, Kisaran, Kamis (4/5/2017).

36 tersangka narkoba Polres Asahan ketika, ditunjukkan kepada wartawan dalam pemaparan kasus di Polres Asahan Kisaran, Kamis (4/5/2017). (tobasatu.com/Rahmadhika).

Adapun ke 36 tersangka yang diamankan itu, yakni terdiri dari 29 diduga pengedar dan 7 tersangka pemakai narkoba. 13 tersangka merupakan hasil tangkapan Satuan Anti Narkoba (Sat Narkoba), sementara 23 tersangaka lainnya, merupakan hasil tangkapan 9 Polsek jajaran Polres Asahan.

“Seluruh tersangka sudah di tes urin dan hasilnya positif. Saat ini mereka masih dalam penahananan guna pemeriksaan dan penyelidikan selanjutnya,” katanya.

Kobul menegaskan, pihaknya juga saat ini masih mendalami beberapa kasus narkoba untuk menangkap bandar besar narkoba, diatas.

“Diantara para tersangka, beberapa kasusnya masih dalam proses lidik (Penyelidikan).  Saat ini kita juga sudah mengantongi identitas beberapa bandar. Masih dalam pengejaran,” jelasnya.

Menurut Kobul, penindakan yang dilakukan pihaknya merupakan bentuk komitmen dalam memberantas peredaran gelap dan penyalah gunaan narkoba. Hal itu sesuai dengan instruksi Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapoldasu), Irjen Pol Rycko Dahniel Amelza, yakni ‘Bersih bersih kedalam, hajar keluar’ dalam pemberantasan narkoba.

“Polres Asahan akan terus melakukan upaya penindakan,  baik dengan cara preventif maupun persuasif, sampai narkoba benar benar habis di Asahan ini,” ujarnya.

BACA JUGA  Home Industri Digerebek, 2700 Butir Ekstasi dan 300 Gram Sabu Disita

Terpisah, Ketua Lembaga Penggiat Anti Narkoba Asahan (PANAS) Syakir Samosir, menyambut baik langkah langkah yang dilakukan Polres Asahan, khususnya kepada Kapolres. Meski baru sebulan menjabat, Kapolres sudah mengambil langkah tegas dalam memberantas narkoba di Asahan.

“Kami dari penggiat anti narkoba, memberikan apresiasi setinggi tinginya kepada Bapak Kapolres. Penindakan, kami nilai sebagai bentuk keseriusan Bapak Kapolres dalam memberantas narkoba di Asahan walau baru satu bulan menjabat,” katanya.

Kendati demikian, Syakir berharap, Polres Asahan bisa menangkap para bandar narkoba dan bukan hanya sekedar pemain saja.

“Sepengetahuan kami, yamg ditangkap baru pemain. Kami berharap, Polres Asahan berhasil mengungkap bandar besarnya, sehingga Asahan bisa benar benar bersih dari peredaran narkoba,” tandasnya. (ts-20)

Loading...
loading...