Pesiden Minta Semua Pihak Hormati Vonis Kasus Ahok

900
Presiden Joko Widodo. (tobasatu.com).

tobasatu.com, Jakarta | Presiden Joko Widodo meminta semua  pihak menghormati vonis yang dijatuhkan hakim kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau yang dikenal sebagai Ahok, terkait kasus penodaan agama.

Tanggapan tersebut disampaikan Presiden Jokowi menjawab pertanyaan wartawan usai melakukan groundbreaking pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) MPP Jayapura 50 MW di Distrik Muara Tani, Kota Jayapura, Selasa (9/5/2017), sebagaimana dilansir setneg.go.id.

Dalam tanggapannya itu, Kepala Negara mengajak semua pihak untuk menghormati proses hukum dan putusan yang telah dibacakan majelis hakim. Ia juga meminta kepada masyarakat untuk percaya kepada mekanisme hukum yang berlaku di Indonesia.

“Saya meminta semua pihak menghormati proses hukum yang ada serta putusan yang telah dibacakan majelis hakim, termasuk juga kita harus menghormati langkah yang akan dilakukan Basuki Tjahaja Purnama untuk mengajukan banding. Dan yang paling penting, ini yang paling penting, kita semua percaya terhadap mekanisme hukum untuk menyelesaikan setiap masalah yang ada,” ucapnya.

“Memang begitulah sebuah negara yang demokratis dalam menyelesaikan perbedaan pandangan yang ada. Sekali lagi pemerintah tidak bisa mengintervensi proses-proses hukum yang ada,” Presiden menambahkan.

Dalam rilis Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin menyebutkan bahwa Presiden Joko Widodo juga telah menerima laporan dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengenai hal ini.

“Meskipun sudah mendapatkan laporan dari Mendagri, saya akan mendetailkan lagi di Jakarta,” tuturnya. (ts)

BACA JUGA  Kunjungi Labura, Presiden Jokowi Saksikan Jalan Berlumpur Bak Kubangan Kerbau, Gelontorkan Rp800 M untuk Perbaikan